Monday, November 07, 2016

PENGHARAPAN KEPADA TUHAN TIDAK SIA-SIA

Senin, 7 November 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Roma 5:1-11

Bacaan Alkitab satu tahun
1 Korintus 13; 2 Raja-raja 4-6

Ayat Hafalan
Roma 5:5, Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih  Allah telah  dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.

Renungan Inspirasi
Tidak ada hal yang lebih mengerikan daripada terjebak di dalam salju. Pada Desember 2011 lalu, seorang mahasiswi Universitas Arizona, Amerika Serikat, Lauren Weinberg, sedang mengemudi di Arizona utara dekat Kota Winslow. Namun, mobilnya tiba-tiba terjebak salju sedalam 45 sentimeter. Telepon genggam yang ia miliki pun mati total. Meski ia terjebak di dalam mobil yang tertimbun salju, Lauren tidak menyerah begitu saja. Ia bertahan hidup hanya dengan dua bungkus makanan ringan, yakni sebatang cokelat dan sebungkus cokelat. Dan minum dari butiran salju yang dilelehkan di atas mobilnya. Harapannya terjawab, sembilan hari kemudian ia ditemukan oleh petugas traktor pembersih salju yang sedang berpatroli. Saat diwawancara, ia berkata, "Saya sangat bersyukur masih bisa hidup. Saat terjebak di dalam mobil, harapan saya hanya satu, Tuhan akan menolong dan saya akan ditemukan."

Kisah nyata dari Lauren Weinberg dimasukkan dalam salah satu kisah dari 4 kisah ajaib manusia yang mampu bertahan hidup di berbagai media dunia. Rasul Paulus pernah menuliskan kepada jemaat Roma, bahwa seseorang akan mampu melewati masa yang sulit apabila memiliki harapan kepada Kristus (ay. 2-5). Harapan sangat penting dimiliki oleh setiap orang. Karena hidup tanpa harapan adalah hidup yang tidak memiliki tujuan. Tanpa harapan kita tidak akan mampu menjalani hidup. Tapi yang perlu diingat jangan sampai menaruh harapan di tempat yang salah. Banyak orang yang akhirnya kecewa dan putus asa karena menaruh pengharapan kepada manusia atau hal-hal materi. Firman Tuhan hari ini mengingatkan bahwa hanya pengharapan kepada Tuhan yang tidak akan pernah menjadi sia-sia. Pertanyaannya, kepada siapa Anda mengarahkan harapan hidup Anda?

Refleksi Diri
1. Mengapa pengharapan itu perlu dimiliki di dalam hidup?
2. Kepada siapa seharusnya Anda senantiasa menaruh harapan?

Pokok Doa
Tuhan ajarkan aku untuk senantiasa menaruh pengharapan hanya kepada Engkau saja selama aku hidup.

Kata - Kata Bijak
Tiap harapan tidak akan menjadi sia-sia asalkan kita menaruh di tempat yang tepat.

Yang Harus Dilakukan
Jadikanlah Tuhan sebagai harapan satu-satunya di dalam hidup.

No comments: