Thursday, November 24, 2016

RAHASIA DARI PERTUMBUHAN IMAN

Kamis, 24 November 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Matius 7:24-27

Bacaan Alkitab satu tahun
2 Korintus 11:16-33; 1 Tawarikh 25-27

Ayat Hafalan
Matius 7:24, “Setiap orang yang mendengarkan perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu.”

Renungan Inspirasi
Dalam harian Kompas edisi international 11/03/2011. Gempa bumi dan tsunami kembali melanda Sendai, Jepang. Menariknya musibah tersebut paling sedikit korban jiwanya sepanjang sejarah. Dan hanya kerugian materi yang paling besar dialami. Hal itu terbukti saat bangunan rumah di sekitar hancur tapi bangunan-bangunan pencakar langit dan jembatan di kota Tokyo tetap kokoh berdiri sehingga menyelamatkan jutaan nyawa. Sebuah video rekaman memperlihatkan bangunan pencakar langit di Tokyo Tower puncaknya bergelantungan, namun tidak runtuh setelah kejadian tersebut. Setelah diselidiki rupanya rahasia terletak pada fondasi yang amat dalam dan diberi penyerap guncangan yang meredam energi seismik. Hal itu membuat bangunan tetap kokoh berdiri walaupun gempa 8,9 skala richter mengguncang.

Tuhan Yesus Kristus suatu ketika menyampaikan  sebuah perumpaan mengenai dua macam dasar bangunan. Yang satu dibangun di atas pasir dan yang satu lagi dibangun di atas batu (ay. 24). Tentu kita mengetahui bahwa hanya bangunan yang didirikan di atas batu pada akhirnya tetap berdiri kokoh. Dalam kehidupan ini, tiap kita pasti melihat ada yang mengalami pertumbuhan  iman dan ada juga yang kurang mengalami pertumbuhan maksimal. Padahal menerima Firman Tuhan yang sama. Dimana letak kesalahannya? Letaknya ada pada niat tiap orang. Ada yang ingin belajar Firman Tuhan tapi ada juga yang hanya sekedar mendengar dan tahu akan Firman Tuhan. Hari ini, apakah Anda ingin bertumbuh dalam iman? Sebab itu mari belajarlah satu kebenaran yang Anda terima setiap minggunya.

Refleksi Diri
1. Sebutkan salah satu cara agar Anda mengalami pertumbuhan iman (ay. 24)?
2. Apa penyebab sebagian orang tidak mengalami pertumbuhan iman?

Pokok Doa
Roh Kudus mampukan aku pada saat aku mulai belajar melakukan Firman-Mu tiap hari.

Kata - Kata Bijak
Pertumbuhan iman hanya dapat terjadi saat memiliki kesungguhan untuk melakukan

Yang Harus Dilakukan
Renungkanlah Firman Tuhan dan latihlah untuk melakukan satu kebenaran tiap hari.

No comments: