Saturday, November 05, 2016

RESPON DI TENGAH MASA KRISIS

Sabtu, 5 November 2016

Bacaan Alkitab hari ini
1 Samuel 30:1-31

Bacaan Alkitab satu tahun
1 Korintus 11:17-34; 1 Raja-raja 21-22

Ayat Hafalan
1 Samuel 30:6, "Dan Daud sangat terjepit, karena rakyat  mengatakan hendak melempari dia dengan batu. Seluruh rakyat itu telah pedih hati, masing-masing karena anaknya laki-laki  dan perempuan. Tetapi Daud menguatkan kepercayaannya kepada TUHAN, Allahnya."

Renungan Inspirasi
Dunia dibuat berdecak kagum dengan sikap bangsa Jepang ketika menghadapi bencana 11 Maret 2011 silam. Bangsa Jepang memberikan teladan luar biasa bagi dunia, tentang bagaimana menyikapi krisis di negara mereka. Dibalik ketegaran mereka ternyata terletak sebuah filosofi yang mereka percayai. Yaitu “gaman” dan “gambaru”. Gaman adalah suatu suatu karakter yang menunjukkan kesabaran, ketenangan, ketekunan dan ketabahan. Pasca bencana tersebut sama sekali tidak ada penjarahan, tidak ada yang mengambil keuntungan di tengah bencana. Bahkan hampir semua ekspresi muka rakyat Jepang tampak tenang dan tidak menyalahkan pemerintah atau pun Tuhan. Seorang ibu diwawancara bagaimana dia bisa tetap tegar, dia mengatakan, ”Saya harus berani dan tidak boleh menunjukkan ketakutan dan kesedihan. Kalau saya takut dan sedih, bagaimana nanti bila kedua anak saya mengetahuinya? Jadi saya harus kuat”. Menjadi pertanyaan bila Anda yang mengalami hal tersebut, apakah Anda masih bisa tetap tenang dan tidak putus asa? Atau justru sebaliknya.

Dalam Alkitab, Raja Daud pernah mengalami masa krisis terhebat di dalam hidupnya. Orang-orang Amalek pernah menyerbu dan menawan para wanita dan anak-anak, termasuk dua istrinya. Bahkan rakyatnya berbalik ingin membunuhnya (ay. 3-4). Tapi lihatlah Daud memberi respon yang tepat, yaitu dengan memperkuat imannya kepada Tuhan (ay. 6). Saat kita diperhadapkan masalah pelik yang sepertinya di luar kemampuan kita, hal pertama yang harus dilakukan adalah tetap tenang dan berdoalah minta Tuhan menguatkan iman. Percayalah Tuhan pasti akan memberi petunjuk, hal apa yang seharusnya dilakukan. Dan arahkan mata iman kita kepada Tuhan yang besar melampaui masalah besar yang ada.

Refleksi Diri
1. Tindakan  apa yang diambil oleh Daud saat mengalami masa krisis (ay. 6)?
2. Bagaimana cara  untuk  memperkuat kepercayaan Anda kepada Tuhan?

Pokok Doa
Tuhan, terima kasih engkau telah memberitahukan hal yang harus aku lakukan ketika aku berada di masa krisis yang berat. Tuhan kuatkanlah dan sertailah kehidupanku.

Kata - Kata Bijak
Saat seribu masalah datang ingin menjatuhkan kita, ketahuilah Tuhan memiliki  jutaan  cara

Yang Harus Dilakukan
Berusahalah tetap tenang dan berdoalah minta kekuatan kepada Tuhan.

No comments: