Wednesday, November 23, 2016

SAAT MERASA TUHAN BEGITU JAUH

Rabu, 23 November 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Mazmur 55:1-24

Bacaan Alkitab satu tahun
2 Korintus 11: 1-15; 1 Tawarikh 22-24

Ayat Hafalan
Mazmur 55:23, Serahkanlah kuatirmu kepada TUHAN, maka Ia akan memelihara engkau! Tidak untuk selama-lamanya dibiarkan-Nya orang benar itu goyah.

Renungan Inspirasi
Pernah mendengar sebuah pujian rohani, “Tuhan tidak jauh, karena Tuhan kita hanya sejauh doa”. Hal ini adalah perkataan iman yang kita sering dengar dari saudara seiman saat kita mengalami pergumulan. Tapi kenyataannya selesai berdoa, hati pun masih merasa tidak tenang dan merasa jauh dengan Tuhan. Apakah Tuhan benar-benar jauh dan tidak terhampiri oleh manusia? Tentu saja tidak. Tuhan kita adalah Pribadi yang senantiasa dapat ditemui. Asalkan kita datang menghampiri-Nya dengan rasa kasih dan iman.

Raja Daud adalah salah satu orang yang pernah mengalami hal yang sama. Suatu saat Daud merasa Tuhan bersembunyi dan tidak mempedulikannya. Daud merasa bersalah dengan segala perbuatannya sehingga Dia berpikir, bila saat Absalom mengejarnya untuk di bunuh, maka jangan-jangan Tuhan tidak akan membela dirinya (ay. 2-9). Billy Graham pernah menguraikan dalam sebuah tulisan, alasan mengapa orang merasa Allah itu jauh dari mereka. Paling tidak ada tiga hal mengapa orang percaya merasa Allah itu jauh. Pertama, alasan sakit penyakit. Alasan ini dapat membuat orang merasa Tuhan itu telah meninggalkannya. Kedua, akibat dosa. Orang yang sedang berbuat dosa pasti akan merasa Tuhan telah marah dan benci kepada dirinya. Ketiga, karena gagal menyediakan waktu untuk Tuhan. Lepas dari berbagai alasan tersebut. Benarkah Tuhan memang menjauhi kita? Mengutip perkataan Martin Luther, “Tuhan tidak akan mampu meninggalkan manusia, karena kasih-Nya lebih besar dari segala kesalahan seluruh manusia”. Artinya, Tuhan tidak mungkin ingin meninggalkan kita. Hanya kita perlu datang kepada-Nya dengan iman kepada Nya (ay. 24).

Refleksi Diri
1. Apa yang harus Anda lakukan saat merasa Tuhan begitu jauh?
2. Apa alasan Tuhan tidak pernah meninggalkan orang percaya?

Pokok Doa
Tuhan, ampuni aku yang terkadang merasa Engkau jauh dari hidupku. Saat ini aku percaya bahwa Engkau tidak akan pernah meninggalkanku selama-lamanya.

Kata - Kata Bijak
Kasih Tuhan tidak tergantung dari keadaan kita. Dia mengasihi kita dengan kasih yang

Yang Harus Dilakukan
Hampirilah Tuhan dalam doa dan keyakinan bahwa Tuhan ingin bertemu dengan Anda.

No comments: