Sunday, November 20, 2016

SUPER TEAM BUKAN SUPERMAN

Minggu, 20 November 2016

Bacaan Alkitab hari ini
2 Samuel 23:8-39

Bacaan Alkitab satu tahun
2 Korintus 9; 1 Tawarikh 13-15

Ayat Hafalan
Pengkhotbah 4:12, Dan bilamana seorang dapat dialahkan, dua orang akan dapat bertahan. Tali tiga lembar tak mudah diputuskan.

Renungan Inspirasi
Super team bukan superman! Hal ini yang dapat kita pelajari dari seorang Daud selain teladan keintimannya dengan Tuhan. Raja Daud dikenal sebagai seorang raja yang mampu mengalahkan banyak musuh. Namanya mulai dikenal sejak dia mengalahkan seorang pendekar Filistin dari Gat, yang bernama Goliat. Raja Daud juga dapat menaklukkan banyak bangsa di sekitarnya, yakni Moab, Aram, dan Edom. Tetapi, sehebat-hebatnya Raja Daud menaklukkan banyak musuh, ia tidak bertempur sendirian! Raja Daud dibantu oleh banyak orang atau anak buah. Yakni Isybaal sebagai kepala tiga pahlawan; Eleazar yang mampu mengalahkan banyak orang Filistin; dan Sama yang tetap bertahan untuk mengalahkan orang Filistin, saat banyak tentara lainnya yang melarikan diri. Selain tiga pahlawan itu, masih ada yang lainnya, yakni: Abisai yang merupakan kepala dari 30 prajurit, dan Benaya yang dapat menewaskan kedua pahlawan besar dari Moab. Selain itu, Raja Daud juga memiliki orang kepercayaan yang bernama Yoab. Tentu masih banyak tentara lainnya, yang tidak dapat disebutkan satu per satu. Raja Daud memang hebat, tetapi ia juga memiliki anak buah atau orang kepercayaan yang tidak kalah hebatnya.

Seringkali di dalam kehidupan ini, kita suka mengandalkan diri sendiri. Entah di dalam pekerjaan, usaha, pelayanan, keluarga atau dimanapun kita berada. Kita sering lupa bahwa kita adalah manusia yang terbatas. Tentunya kita tidak sembarangan memilih, tapi mencari orang yang berkompeten. Misalkan, bila kita sedang kesulitan mengatur keuangan pribadi, kita dapat meminta bantuan kepada orang yang sudah berhasil dalam bidang tersebut. Untuk itu, jangan pernah merasa diri kita mampu menyelesaikan semua masalah. Kita butuh orang lain, orang lain pun butuh bantuan kita. Ingatlah, kita bukan superman!

Refleksi Diri
1. Apa kunci sukses dari raja Daud selain dia mengandalkan Tuhan?
2. Apakah dampak yang terjadi saat Anda mulai bekerja sama dengan orang lain?

Pokok Doa
Tuhan, terima kasih Engkau telah mengajarkan aku sebuah kebenaran baru agar belajar untuk bekerja sama.

Kata - Kata Bijak
Dibalik sebuah kesuksesan besar yang kita raih, ada sebuah team yang hebat.

Yang Harus Dilakukan
Ajaklah dan pilihlah orang-orang untuk bekerja sama dengan Anda.

No comments: