Wednesday, November 30, 2016

TETAP BERDAMPAK DI TENGAH KETERBATASAN

Rabu, 30 November 2016

Bacaan Alkitab hari ini
2 Korintus 12:1-10

Bacaan Alkitab satu tahun
Markus 3:1-19; 2 Tawarikh 13-14

Ayat Hafalan
2 Korintus 12:9, Tetapi jawab Tuhan kepadaku: "Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna."  Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku.

Renungan Inspirasi
Terkadang orang berpikir bahwa untuk bisa menjadi pribadi yang berdampak haruslah lewat harta kekayaan yang berlimpah, punya kedudukan, sempurna secara fisik dan sebagainya. Tapi ternyata tidaklah demikian. Berikut ini adalah contoh mereka yang memiliki dampak di tengah keterbatasan. Yaitu, Annie Johnson FlintIa, ia adalah seorang penderita kanker, lumpuh dan seorang anak yatim. Namun ia mampu menjadi berkat bagi banyak orang, dengan mengarang lebih dari 6000 lagu rohani. Nick Vujicic terlahir tanpa memiliki 2 tangan dan 2 tungkai kaki. Hari ini ia adalah motivator dunia. Banyak menghasilkan buku best seller serta mendapatkan banyak penghargaan. Fanny Crosby, pada bulan Mei 1820, di tengah- tengah kebutaan yang dialaminya, ia telah menjadi berkat bagi banyak orang melalui karya- karyanya. Lebih dari 8000 lagu telah dikarangnya. Ternyata setiap orang mampu hidup berdampak asalkan mau.

Rasul Paulus juga pernah memberikan kesaksian mengenai dirinya yang memiliki keterbatasan dan pergumulan saat melakukan pelayanan. Paulus yakin bahwa Tuhan mampu bekerja lebih heran melalui kelemahannya (ay. 7-9). Tentu setiap kita tidak ada yang sempurna. Tiap kita berasal dari latar belakang yang berbeda-beda dengan kekurangannya masing-masing. Tapi hal tersebut janganlah menjadi alasan untuk tidak hidup berdampak bagi orang lain. Percayalah Tuhan selalu melihat hati yang rindu melayani bukan hanya kualifikasi diri. Saat ini kelemahan atau keterbatasan sebesar apapun yang sedang menghalangi Anda, keluarlah dari jebakan pemikiran negatif tersebut. Pilihlah untuk percaya kepada perkataan Tuhan atas diri Anda. Mari jadilah pribadi yang berdampak!

Refleksi Diri
1. Mengapa Paulus menuliskan kesaksian tentang keterbatasannya?
2. Bagaimana cara Anda mengatasi kelemahan dan keterbatasan Anda?

Pokok Doa
Tuhan terangilah hatiku untuk percaya bahwa aku bisa menjadi orang yang berdampak meski di tengah segala keterbatasanku.

Kata - Kata Bijak
Ketika selalu bersama dengan Tuhan, kita yang terbatas menjadi pribadi yang tidak terbatas.

Yang Harus Dilakukan
Yakinlah bahwa Tuhan sangat mampu memakai Anda dengan segala keterbatasannya.

No comments: