Wednesday, November 16, 2016

YANG TERPENTING ADALAH PROSESNYA BUKAN HASIL

Rabu, 16 November 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Yeremia 18:1-6

Bacaan Alkitab satu tahun
2 Korintus 4; 1 Tawarikh 1-3

Ayat Hafalan
Yeremia 18:4, Apabila bejana, yang sedang dibuatnya dari tanah liat di tangannya itu, rusak, maka tukang periuk itu mengerjakannya kembali menjadi bejana lain menurut apa yang baik pada pemandangannya.

Renungan Inspirasi
Pernahkah Anda bertanya-tanya, terbuat dari apakah ujung sebuah pensil yang berwarna abu-abu kehitaman? Ujung pensil memiliki bahan dasar yang sama dengan berlian, materi terkeras di dunia. keduanya merupakan jenis bebatuan mineral bumi yang bernama grafit.

Dan sebagaimana berlian, grafit merupakan bentuk alotrop karbon. Namun uniknya, grafit sangatlah murah sedangkan berlian adalah barang yang sangat mahal. Hal yang membedakan dari keduanya adalah prosesnya. Apabila materi grafit karbon berada hanya 100 km atau suhunya hanya ratusan derajat Celcius, hanya bisa dijadikan pensil dan alat pelumas. Berbeda dengan berlian berasal dari bahasa Yunani (adamantas) yang artinya tidak bisa dihancurkan. Berlian dikembangkan di kedalaman bumi 150 km. Grafit Karbon terbentuk menjadi berlian setelah mengalami tekanan sekitar 5 giga pascal (5 milyar kilogram) dan mengalami panas 1200 derajat celcius. Dari sebuah fakta di atas kita dapat mengambil sebuah pelajaran, sebuah proses menunjukkan nilai dari sebuah barang.

Kehidupan orang percaya juga sangat ditentukan oleh proses. Tuhan menunjukkan kepada Yeremia mengenai bejana yang dibuat oleh seorang tukang periuk (ay. 1-6). Jika di tengah pekerjaannya bejana tersebut rusak, maka dia akan mengolah kembali bejana tersebut sampai menjadi sebuah bentuk yang utuh dan bagus. Tuhan menjanjikan hal yang sama bagi kita manusia. Kehidupan manusia tidak akan menjadi apa pun tanpa adanya proses. Segala sesuatu yang diproses dengan baik akan menghasilkan kualitas yang sangat baik. Apabila hari ini Anda sedang mengalami proses pembentukan, bersabarlah karena Anda sedang dibuat menjadi sebuah karya yang bernilai tinggi.

Refleksi Diri
1. Apa keuntungan saat Anda diijinkan Tuhan melalui proses yang panjang?
2. Bagaimana proses sebuah bejana saat dibentuk oleh tukang periuk (ay. 1-6)?

Pokok Doa
Tuhan, aku ingin Engkau bentuk sesuai dengan kehendak-Mu. Jadikanlah aku bejana yang indah yang Engkau pakai untuk pekerjaan-Mu yang mulia.

Kata - Kata Bijak
Perhatikanlah, orang yang mengalami proses panjang selalu memiliki nilai hidup yang tinggi.

Yang Harus Dilakukan
Belajarlah untuk menghidupi bahwa proses lebih penting daripada sebuah hasil.

No comments: