Sunday, January 29, 2017

BANGUNAN YANG TIDAK TERGONCANGKAN

Minggu, 29 Januari 2017

Bacaan Alkitab hari ini
Efesus 2:11-22

Bacaan Alkitab satu tahun
1 Timotius 5; Amsal 10

Ayat Hafalan
Efesus 2:21-22, Di dalam Dia tumbuh seluruh bangunan, rapi tersusun, menjadi bait Allah yang kudus, di dalam nama Tuhan. Di dalam Dia kamu juga turut dibangunkan menjadi tempat kediaman Allah, di dalam Roh.

Renungan Inspirasi
Menara Eiffel di Paris dibangun pada tahun 1887 selama dua tahun, dua bulan dan lima hari. Menara ini tingginya 300 meter dan memiliki 1.710 anak tangga hingga puncaknya. Menara yang dibangun di tepi sungai Seine ini telah menjadi ikon kota Paris dan negara Perancis, sekaligus juga menjadi salah satu konstruksi terkenal di dunia. Tahukah Anda, saat awal pembangunannya menara ini mendapat kritik dan penolakan dari masyarakat kota Paris karena dianggap merusak pemandangan dan bentuknya yang aneh. Namun perancangnya, Gustave Eiffel, yakin benar bahwa menara itu akan menjadi sesuatu yang agung dan menjadi bangunan yang dapat dibanggakan.

Yesus juga sudah merancang suatu “bangunan” yang agung dan perlu dijaga supaya tetap dikagumi agar menarik semua orang datang kepada-Nya. Bangunan itu adalah “gereja”. Namun, gereja yang dimaksudkan disini bukanlah gedungnya. Gereja yang dimaksud adalah kumpulan orang-orang percaya dengan semua latar belakang dan talentanya masing-masing. Yesus adalah Sang Arsitek Agung dari gereja. Oleh sebab itu, sudah seharusnya kita sebagai bagian dari gereja, mencerminkan keagungan Sang Arsitek itu. Gereja harus terlihat indah, kokoh dan tidak tergoncangkan. Bahkan, alam maut tidak akan pernah bisa menguasainya (Mat. 16:18). Kehidupan orang percaya haruslah mencerminkan kehidupan yang indah, tidak bercacat dan tidak bercela, agar dunia melihat kemuliaan dan keagungan Tuhan dan menjadi percaya.

Refleksi Diri
1. Apakah yang dimaksud dengan “gereja” Tuhan?
2. Bagaimanakah caranya agar melalui kehidupan Anda nama Tuhan dapat dipermuliakan?

Kata - Kata Bijak
Gereja yang diarsiteki oleh Yesus sendiri haruslah indah, kuat, kokoh dan tidak tergoncangkan.

Pokok Doa
Tuhan Yesus, terima kasih Engkau telah memilihku menjadi bagian dari bangunan gereja-Mu yang agung. Berikan aku kekuatan dan tuntunlah jalanku, agar hidupku tidak tergoncangkan dan senantiasa memancarkan kemuliaan dan keagungan-Mu.

Yang Harus Dilakukan
Bangunlah hidup Anda di atas dasar kebenaran firman Tuhan, agar melalui kehidupan Anda nama Tuhan dipermuliakan dan banyak jiwa dimenangkan.

No comments: