Monday, January 30, 2017

BERPRESTASI SEJAK MASA MUDA

Senin, 30 Januari 2017

Bacaan Alkitab hari ini
2 Tawarikh 34:1-7

Bacaan Alkitab satu tahun
1 Timotius 6; Amsal 11

Ayat Hafalan
2 Tawarikh 34:3, Pada tahun kedelapan dari pemerintahannya, ketika ia masih muda belia, ia mulai mencari Allah Daud, bapa leluhurnya, dan pada tahun kedua belas ia mulai mentahirkan Yehuda dan Yerusalem dari pada bukit-bukit pengorbanan, tiang-tiang berhala, patung-patung pahatan dan patung-patung tuangan.

Renungan Inspirasi
Joey Alexander yang kembali masuk nominasi Grammy Awards 2017 bukan cuma ramai dibahas di tanah air. Media asing seperti Gulf News juga ikut menggaungkan prestasi yang diukir pianis jazz berusia 13 tahun itu. Dilansir dari laman Suara, media Uni Emirat menulis: Joey mulai mendapat perhatian media lantaran sering tampil memukau di berbagai festival musik dunia. Publik kagum dengan ketenangannya saat memainkan piano. Puncak kepopuleran Joey adalah saat dia berhasil masuk nominasi Grammy Awards 2016 untuk dua kategori, yakni Best Improvised Jazz Solo dan Best Jazz Instrumental Album. Meskipun tak berhasil membawa pulang piala, aksinya di panggung Grammy waktu itu cukup jadi perhatian publik dunia. Melalui kehidupan Joey, kita dapat mempelajari ternyata usia muda bukan menjadi alasan untuk berprestasi dan menjadi inspirasi bagi banyak orang.

Yosia adalah contoh anak muda yang menjadi pelopor dimasa itu. Yosia diangkat menjadi raja di Yerusalem pada usianya yang baru menginjak 8 tahun. Ia memerintah selama 31 tahun. Hal yang menarik dari Yosia adalah meskipun masih kecil, ternyata ia dicatat memiliki gaya hidup yang lurus (ay. 2-3). Saat usianya mencapai 16 tahun, Yosia sudah mencari Tuhan dengan sungguh. Ia mulai mentahirkan Yehuda dan Yerusalem dari berbagai bentuk penyembahan berhala ketika ia berusia 20 tahun. Jika Tuhan memakai Yosia sejak masih belia, maka Tuhan pun mampu memakai hidup generasi muda saat ini. Apakah itu, lewat talenta musik, menari, menulis atau talenta lainnya. Apabila generasi muda hidup takut akan Tuhan dan setia dalam kebenaran Firman Tuhan, bukan tidak mungkin Tuhan akan membangkitkan generasi muda penerobos dijaman ini. Pertanyaannya adalah, maukah Anda para generasi muda dipakai Tuhan?

Refleksi Diri
1. Teladan hal apa saja yang dilakukan Yosia sejak menjabat sebagai raja?
2. Lewat renungan ini apa janji Tuhan kepada generasi muda yang hidup takut akan Tuhan?

Pokok Doa
Tuhan Yesus, apabila Engkau memakai Yosia sejak masih muda untuk menjadi berkat. Aku berdoa agar Engkau membangkitkan generasi ini menjadi generasi yang cemerlang.

Kata - Kata Bijak
Tuhan sanggup memakai Anda meskipun masih muda, asal Anda mau setia pada kebenaranNya.

Yang Harus Dilakukan
Kembangkanlah tiap talenta yang Anda miliki dan hiduplah di dalam kebenaran-Nya.

No comments: