Thursday, January 26, 2017

BUATLAH PILIHAN YANG TEPAT

Kamis, 26 Januari 2017

Bacaan Alkitab hari ini
Ulangan 28:1-46

Bacaan Alkitab satu tahun
1 Timotius 2; Amsal 7

Ayat Hafalan
Ulangan 30:19, "Aku memanggil langit dan bumi menjadi saksi terhadap kamu pada hari ini: kepadamu kuperhadapkan kehidupan dan kematian, berkat dan kutuk. Pilihlah kehidupan, supaya engkau hidup, baik engkau maupun keturunanmu"

Renungan Inspirasi
Hampir dua bulan terakhir ini, kota Jakarta sedang ramai dengan kampanye dari para calon gubernur dan wakilnya. Adu strategi dan program dari tiap calon disampaikan sedemikian rupa untuk meraih simpati masyarakat agar memilih mereka. Siapa pun yang nanti terpilih sebagai gubernur dan wakilnya akan membawa dampak besar bagi warga DKI Jakarta dimasa yang akan datang. Ini adalah sebuah contoh nyata, bahwa hidup kita selalu dikelilingi dengan berbagai pilihan. Mulai dari hal yang sepele hingga yang menentukan jalan hidup orang banyak. Tuhan menciptakan manusia dengan kehendak bebas dan manusia dapat menggunakan itu untuk hal yang positif atau negatif. Pilihan tetap ada di tangan kita, dan setiap pilihan pasti mengandung konsekuensi yang berbeda pula.

Bangsa Israel pernah diperhadapkan Allah pada sebuah pilihan, berkat atau kutuk (ay. 19). Bila mereka ingin mendapatkan berkat Tuhan, mereka harus taat mendengar dan mengikuti setiap perintah Tuhan. Tapi jika memilih tidak menaatinya, kutuk akan menjadi bagian mereka. Setiap hari kita diperhadapkan dengan pilihan-pilihan, antara melakukan kehendak Tuhan atau melakukan kehendak sendiri. Seringkali kita mengambil yang menurut kita baik, tapi belum tentu benar menurut Tuhan. Itu sebabnya, Roh Kudus ada untuk membimbing dan menasihati, agar kita bisa memilih hal yang benar. Oleh karena itu, isilah hati dan pikiran kita dengan Firman Tuhan dan bangunlah hubungan yang intim dengan Tuhan. Percayalah pada saat kita berjalan dalam kehendak-Nya, maka segala janji berkat dan kebahagiaan akan menjadi bagian kita.

Refleksi Diri
1. Mengapa Tuhan ingin agar kita selalu memilih kehendak-Nya?
2. Apa janji Tuhan kepada kita bila kita senan- tiasa memilih berjalan dalam kehendak-Nya?

Kata - Kata Bijak
Hidup Anda saat ini adalah akumulasi dari pilihan-pilihan yang Anda ambil di masa lalu. Berhati-hatilah  dalam mengambil pilihan saat ini, karena itu akan menentukan kehidupan Anda di masa yang akan datang.

Pokok Doa
Tuhan Yesus meskipun kadang aku salah mengambil keputusan dalam hidup. Tapi aku berdoa memohon Roh Kudus untuk senantiasa menerangi mata batinku agar aku bisa melihat dan mampu memilih untuk berjalan dalam kehendak-Mu.

Yang Harus Dilakukan
Mulailah dengan membaca dan merenungkan firman Tuhan setiap hari untuk dapat mengetahui kehendak-Nya.

No comments: