Wednesday, February 15, 2017

CINTA ITU MUSTAHIL

RABU, 15 FEBRUARI 2017

Bacaan Alkitab Setahun
Lukas 4:33-44; Amsal 27

Ayat Hafalan
1 Yohanes 4:7, “Saudara-saudara yang tercinta! Marilah kita mengasihi satu sama lain, sebab kasih berasal dari Allah. Orang yang mengasihi, adalah anak Allah dan ia mengenal Allah.”

Renungan Inspirasi
Anda mungkin telah memperlihatkan kebaikan hati dan ketidakegoisan, pengertian, dan Anda mungkin telah belajar untuk menjadi lebih bijaksana dan penuh pengertian. Namun, mencintai seseorang dengan tulus, tidak egois dan tanpa syarat adalah persoalan yang berbeda.
Cinta agape bukanlah sesuatu yang dapat Anda lakukan sendiri. Ini adalah sesuatu yang hanya dapat dilakukan oleh Tuhan. Tetapi, karena kasih-Nya yang begitu besar kepada Anda – dan juga pasangan Anda – Ia memilih untuk menyatakan kasih-Nya melalui Anda. Anda mungkin masih yakin bahwa dengan kerja keras yang cukup dan komitmen, Anda dapat mengekspresikan cinta dalam jangka panjang dan penuh pengorbanan serta tanpa syarat dari hati Anda sendiri. Tidak sadarkah Anda, betapa seringnya Anda gagal? Anda kembali bereaksi berlebihan, berbohong, dikuasai oleh emosi, berpikir negatif tentang pasangan Anda, walaupun Anda sudah bersumpah di hadapan Tuhan untuk mencintainya seumur hidup Anda?
Anda tidak dapat memberikan apa yang tidak Anda miliki. Jika kita tidak melakukan apa-apa untuk membersihkan diri kita di hadapan Allah, maka Anda tidak akan dapat benar-benar mencintai pasangan Anda, karena Allah adalah Sumber dari cinta itu. Hanya mereka yang mengijinkan Dia masuk ke dalam hatinya melalui iman kepada Anak-Nya, Yesus, yang mampu menyatakan kuasa nyata dari cinta.
Bila Anda belum pernah menyerahkan hidup Anda kepada Kristus, tetapi Anda mendengarkan suara-Nya berbicara kepada Anda hari ini, jangan keraskan hati Anda. Anda mungkin sadar bahwa kesalahan dan pelanggaran Anda selama ini sudah menghalangi Anda untuk menghampiri-Nya. Firman Tuhan berkata bahwa jika Anda bertobat dan berbalik dari perbuatan Anda, Dia adalah Allah yang setia dan adil. Tuhan akan mengampuni Anda dan membebaskan Anda agar Anda dapat menerima kasih-Nya dan membagikan kasih itu kepada orang paling istimewa yang Anda kasihi.
Atau, mungkin Anda sudah menjadi orang percaya, tetapi Anda sudah berjalan menjauh dari persekutuan Anda dengan Allah. Anda tidak tinggal di dalam kebenaran-Nya, sudah lama Anda tidak berdoa, bahkan mungkin sudah lama Anda tidak lagi beribadah. Cinta yang dahulu Anda rasakan mengalir di dalam pembuluh darah Anda telah berubah menjadi dingin. Hadapilah kenyataan ini: Anda tidak dapat hidup tanpa Dia dan Anda tidak dapat mencintai tanpa terlebih dahulu merasakan kehangatan cinta-Nya dalam hidup Anda. Mulai hari ini, perbaharui iman percaya dan komitmen Anda kepada Allah, percayakanlah pernikahan Anda pada Tuhan dan jadikanlah hidup Anda sebagai saluran cinta-Nya kepada orang yang Anda kasihi.

Tantangan
Lihat kembali tantangan-tantangan yang telah Anda lalui. Adakah yang tampaknya mustahil bagi Anda? Pernahkah Anda sadari kebutuhan Anda akan kasih Allah untuk mengubah hati Anda dan memberi Anda kemampuan untuk mencintai dengan cinta yang tulus? Mintalah kepada Allah agar Dia mencurahkan cinta kasih-Nya dalam hati Anda dan mintalah kekuatan dan kasih karunia Tuhan untuk pernikahan Anda.

“Bagi manusia hal ini tidak mungkin, tetapi bagi Allah segala sesuatu mungkin” Matius 19:26

Jurnal Anda
Apakah Anda percaya bahwa Allah sedang berbicara kepada Anda hari ini? Keputusan apa yang telah Anda buat untuk meresponi panggilan Allah dalam hidup Anda?

No comments: