Monday, February 13, 2017

CINTA SALING MENDOAKAN

SENIN, 13 FEBRUARI 2017

Bacaan Alkitab Setahun
Lukas 3; Amsal 25

Ayat Hafalan
3 Yohanes 2, “Saudaraku yang kekasih, aku berdoa, semoga engkau baik-baik dan sehat-sehat saja dalam segala sesuatu, sama seperti jiwamu baik-baik saja.”

Renungan Inspirasi
Anda tidak dapat mengubah pasangan Anda. Ini adalah kebenaran yang harus Anda terima terlebih dahulu, agar Anda tidak membuang-buang waktu dan tenaga untuk melakukan hal yang nyaris mustahil. Albert Einstein berkata, “Kegilaan adalah mengerjakan hal yang sama berulang-ulang dan mengharapkan hasil yang berbeda.” Namun, bukankah ini yang terjadi ketika Anda berusaha mengubah pasangan Anda? Anda harus menerima kenyataan bahwa Anda tidak dapat mengubah pasangan Anda. Kalau begitu, apa yang dapat Anda lakukan?
Anda dapat menjadi seorang “petani yang bijaksana”. Petani tidak dapat membuat benih bertumbuh dan berbuah. Yang dapat dilakukannya adalah menanam benih yang baik di tanah yang subur, menyiraminya, memberi pupuk, melindungi dari hama, dan kemudian menyerahkan semuanya kepada Tuhan. Persis! Seperti itulah tujuan “Journey of Love” ini untuk Anda. Segala hal yang ditulis ini tidak akan mengubah pasangan Anda, dan memang bukan untuk itu. “Journey of Love” menantang Anda berani mencintai. Jika Anda menjalaninya dengan sungguh- sungguh, kemungkinan terbesarnya adalah Anda sendiri yang akan diubahkan dari dalam ke luar. Jika Anda menjalankan setiap tantangan, pasangan Anda akan merasakan pengaruhnya dan pernikahan Anda akan mulai menuai keintiman. Apapun kondisi yang sedang Anda hadapi dalam pernikahan saat ini, Anda harus merencanakan dan mengharapkan yang terbaik. Anda harus memupuk ‘tanah’ hati pasangan Anda, menjaga pernikahan Anda dari serangan hama dan kemudian percayakan kepada Tuhan untuk hasilnya.
Tentu saja Anda tidak dapat melakukan hal ini sendirian. Anda memerlukan kuasa doa. Doa adalah akses kepada Allah dan kuasa-Nya yang tidak terbatas. Apakah Anda pernah merasa ingin menyerah dalam pernikahan Anda? Berdoalah dan jangan pernah menyerah (Luk. 18:1). Apakah Anda stress dan khawatir? Berdoa dapat membawa damai sejahtera saat Anda di tengah badai (Flp. 4:6-7). Apakah Anda memerlukan terobosan besar? Doa dapat membuat perbedaan dalam hidup Anda (Kis. 12:1-17).
Ada beberapa hal penting yang membuat doa Anda menjadi efektif, antara lain: kerendahan hati dan hubungan yang benar dengan Allah dan sesama. Yak. 5:16 mengatakan, “…hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan,…Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.”
“Mengapa Allah menyingkapkan begitu banyak kesalahan pasangan Anda yang tersembunyi?” Apakah Anda pikir agar Anda dapat mengomelinya terus menerus? Tentu saja bukan! Apakah omelan Anda selama ini berhasil? Kemarahan dan omelan tidak akan mengubah hati. Tuhan ingin Anda berbicara pada-Nya empat mata. Tuhan ingin agar Anda mendoakan pasangan Anda secara spesifik. Camkanlah hal ini: Tidak ada seorang pun yang dapat berdoa lebih baik untuknya selain Anda sendiri.
Allah dapat “memperbaiki” pasangan Anda jauh lebih baik daripada yang dapat Anda lakukan. Anda akan menyelesaikan lebih banyak hal melalui doa dibandingkan segala upaya yang pernah Anda lakukan untuk mengubahnya.
Ubahlah keluhan Anda menjadi doa dan lihatlah Tuhan bekerja memulihkan pernikahan Anda. Jika pasangan Anda tidak/belum memiliki hubungan apa pun dengan Tuhan, maka sudah jelas Tuhan ingin agar Anda mulai mendoakannya. Berdoalah untuk apa pun yang dibutuhkannya. Berdoalah untuk suasana hatinya. Doakan agar pengampunan menggantikan kepahitan hatinya. Doakan agar terjadi terobosan dalam pernikahan Anda dan berdoalah untuk Anda sendiri, agar keromantisan dan keintiman Anda berdua bertumbuh semakin kuat.

Tantangan
Mulailah berdoa hari ini untuk pasangan Anda. Doakan paling sedikit 3 (tiga) hal yang spesifik di mana Anda rindu kuasa Allah bekerja dalam kehidupan pasangan Anda dan di dalam pernikahan Anda.

“Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketuklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.” Matius 7:7

Jurnal Anda
Apa yang Anda pilih untuk didoakan? Apakah ini mudah bagi Anda, atau apakah terasa aneh bagi Anda?

No comments: