Wednesday, March 22, 2017

BERKAT DARI PEMBENARAN KRISTUS

Rabu, 22 Maret 2017

Bacaan Alkitab hari ini
Roma 5:1-11

Bacaan Alkitab setahun
Lukas 22:1-30; Mazmur 117-118

AYAT HAFALAN
Roma 5:2,Oleh Dia kita juga beroleh jalan masuk oleh iman kepada kasih karunia ini. Di dalam kasih karunia ini kita berdiri dan kita bermegah dalam pengharapan akan menerima kemuliaan Allah.

RENUNGAN INSPIRASI
Pada saat manusia jatuh ke dalam dosa dan diusir keluar dari taman Eden, sejak saat itu hubungan manusia terpisah dengan Allah. Sebagai konsekuensinya, manusia harus mengalami berbagai kesulitan dan penderitaan selama hidupnya, bahkan menerima hukuman Tuhan masuk ke dalam neraka kekal.

Melihat keadaan manusia yang tak mungkin lolos dari penghukuman ini, Allah pun berinisiatif untuk menyelamatkan manusia. Dianugerahkan-Nya Anak-Nya yang tunggal Yesus Kristus, mati di atas kayu salib agar setiap orang yang percaya kepada-Nya kembali “dibenarkan” dan terlepas dari penghukuman (Bdg. 2 Kor. 5:21).

Dalam Alkitab, Rasul Paulus menguraikannya dengan jelas mengenai berkat pembenaran Kristus atas hidup kita, yaitu: pertama, pulihnya hubungan antara manusia dengan Allah (ay. 1-2). Perseteruan antara Allah dengan manusia telah berakhir dan diganti dengan kedamaian. Allah menghapus semua dosa-dosa kita dan kita pun dapat berhubungan kembali dengan Dia tanpa ada sekat pembatas. Kedua,  penyertaan Tuhan yang sempurna kepada orang percaya(ay. 3-5). Setelah kita dibenarkan oleh Kristus, bukanberarti tidak akan ada penderitaan. Namun Tuhan berjanji tidak akan pernah meninggalkan kita ketika pencobaan datang. Ketiga, keselamatan yang sempurna(ay. 6-11). Kita selamat karena pengorbanan Kristus telah membenarkan kita di hadapan Allah. Ini adalah jaminan hidup kita sebagai orang percaya. Ingatlah dan renungkanlah hal ini seumur hidup kita.

REFLEKSI DIRI
1. Bagaimana keadaan manusia bila tanpa mengalami pembenaran Kristus?|
2. Berkat apa saja yang kita terima saat menerima pembenaran Kristus?

POKOK DOA
Tuhan Yesus, terima kasih atas segala berkat dari pembenaran-Mu atas hidupku. Engkau telah mengampuni dosaku dan menyelamatkanku. Kasih setia dan penyertaan-Mu sempurna di hidupku.

YANG HARUS DILAKUKAN
Setelah Anda dibenarkan oleh-Nya, percayalah pada janji Tuhan dalam kehidupan Anda.

No comments: