Friday, March 17, 2017

BERTINDAK DENGAN IMAN

Jumat, 17 Maret 2017

Bacaan Alkitab hari ini
Keluaran 14:1-31

Bacaan Alkitab setahun
Lukas 19:28-48; Mazmur 99-102

AYAT HAFALAN
Keluaran 14:15, Berfirmanlah Tuhan kepada Musa, "Mengapakah engkau berseru-seru kepada-Ku? Katakanlah kepada orang Israel, supaya mereka berangkat."

RENUNGAN INSPIRASI
Salah satu perilaku kurang tepat dari banyak orang Kristen saat menghadapi masalah adalah tidak berani mengambil langkah iman. Tentu tidak salah untuk bertanya kepada Tuhan terlebih dahulu. Tetapi ada kalanya Tuhan ingin kita keluar dari zona nyaman kita terlebih dahulu dan bertindak. Pada tahun 1995, ada dua orang nelayan yang pergi mencari ikan di perairan dingin lepas pantai Vancouver, Kanada. Di tengah laut tiba-tiba kapal mereka mulai tenggelam. Melihat kapalnya tak dapat diselamatkan dan akan segera tenggelam, dengan cepat keduanya naik ke atas sekoci. Namun tali yang mengikat sekoci dan kapal itu sangat kuat. Mereka harus melepaskan ikatan itu atau sekoci mereka pun akan ikut tenggelam bersama dengan kapal mereka. Mereka tak memiliki pisau atau alat yang bisa dipakai untuk memutuskan tali. Sementara kapal mereka semakin tenggelam, keduanya mulai putus asa. Di tengah situasi yang menegangkan itu, mereka sepakat untuk bergantian menggigit talinya. Ternyata mereka berhasil memutuskan tali itu. Akhirnya mereka selamat dan kemudian ditolong oleh kapal nelayan lainnya yang melintas.

Dalam Alkitab dikisahkan, orang Israel dalam situasi yang menegangkan saat mereka hendak menyeberang Laut Teberau. Mereka terdesak oleh tentara Mesir yang semakin mendekat (masalah datang), sedangkan di depan mereka hanya ada Laut Teberau yang dalam (bagai tidak ada jalan keluar). Di tengah kepanikan, mereka berseru kepadaTuhan. Namun, Tuhan menjawab, “Jangan hanya berseru saja tapi bertindaklah dengan iman!" (ay. 15). Kita tahu bagaimana kemudian Tuhan membelah laut Teberau dan bangsa Israel berjalan menyeberanginya. Kita harus menyadari bahwa masalah tidak akan selesai dengan sendirinya. Berdiam diri saja atau menyesali keadaan sampai berlarut-larut tidak akan membantu apa pun juga. Setelah kita bergumul dalam doa, maka kita perlu segera mengambil langkah iman. Percayalah bahwa mujizat pasti akan terjadi.

REFLEKSI DIRI
1. Pelajaran apa yang dapat diambil dari kisah umat Israel saat menghadapi masalah?
2. Langkah apa saja yang dibutuhkan saat Anda menghadapi masalah?

POKOK DOA
Ya Bapa, terima kasih telah mengajarkanku untuk belajar menyelesaikan masalah dengan mengambil langkah iman. Ajarlah aku untuk lebih peka mengerti kehendak-Mu.

YANG HARUS DILAKUKAN
Libatkan Tuhan saat menyelesaikan masalah dan keluarlah dari zona nyaman Anda, melangkahlah dengan iman.

No comments: