Wednesday, March 29, 2017

BUAH DARI MENGENDALIKAN DIRI

Rabu, 29 Maret 2017

Bacaan Alkitab hari ini
Amsal 16:1-33

Bacaan Alkitab setahun
Lukas 24:36-53; Mazmur 143-145

AYAT HAFALAN
Amsal 16:32, Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota

RENUNGAN INSPIRASI
Apakah Anda pecinta olahraga golf? Anda mungkin kenal seorang yang bernama Bobby Jones. Jones adalah legenda golf yang sangat terkenal sepanjang sejarah. Dialah orang pertama yang meraih gelar Grand Slam, termasuk memenangkan 4 turnamen mayor, baik itu turnamen terbuka atau amatir di Amerika Serikat atau Inggris Raya. Dan uniknya, semua itu diraihnya dalam satu tahun kalender yang sama, yaitu di tahun 1930. Saat berusia 14 tahun, Jones pernah mengikuti kualifikasi kejuaraan golf amatir Amerika Serikat dan tidak berhasil menang. Ini terjadi karena dia sering kehilangan kendali atas emosinya. Seorang pegolf senior, Grandpa Bart, memberinya nasihat, “Kau takkan pernah menang kalau kau tidak dapat mengendalikan emosimu.” Jones menerima nasihat ini dan mulai belajar mengontrol emosinya. Pada usia 21tahun, Jones mulai berkembang dan selanjutnya menjadi pemain golf terbesar dalam sejarah. Ia pensiun dari golf pada usia 28 tahun setelah meraih Grand Slam. Emosi dapat menentukan kesuksesan seseorang. Itulah pelajaran yang dapat kita pelajari dari kisah Jones.
Dalam Alkitab, Salomo dengan hikmat Tuhan pernah menyatakan hal yang sama. “Orang yang menguasai diri lebih hebat dari seorang pahlawan yang merebut kota.” Artinya pengendalian diri jauh lebih penting dari semua kemampuan yang luar biasa. Banyak orang dalam perjalanan hidup akhirnya tersandung hanya karena gagal mengendalikan dirinya sendiri. Mari kita belajar untuk mengendalikan diri, karena pengendalian diri bisa membuka pintu kesempatan dan promosi di dalam hidup Anda. Pengendalian diri juga akan membawa dampak yang positif bagi orang lain (Bdg. Gal. 5:23). Berdoalah memohon kekuatan dari Tuhan agar Anda dapat belajar untuk mengendalikan diri Anda, dan taatlah pada tuntunan Roh Kudus.

REFLEKSI DIRI
1. Mengapa kita perlu belajar untuk mengendalikan diri?
2. Kapan terakhir Anda belajar untuk mengendalikan diri?

YANG HARUS DILAKUKAN
Buatlah daftar area mana yang sulit dikendalikan, doakan dan mulailah melakukannya.

POKOK DOA
Tuhan Yesus, ampuni aku jika selama ini belum mampu untuk mengendalikan diriku. Berikan aku kekuatan dan kesabaran agar aku dapat mengendalikan diriku. Aku mau taat pada tuntunan Roh Kudus dan aku percaya akan ada terobosan demi terobosan dalam hidupku saat aku berhasil melakukannya

No comments: