Wednesday, March 01, 2017

DIVINE JUDGEMENT

Rabu, 1 Maret 2017

Bacaan Alkitab hari ini
2 Korintus 5:1-21

Bacaan Alkitab setahun
Lukas 11:29-54; Mazmur 38-41

AYAT HAFALAN
2 Korintus 5:10, Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Kristus, supaya setiap orang memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan yang dilakukannya dalam hidupnya ini, baik ataupun jahat.

RENUNGAN INSPIRASI
Semua agama di dunia percaya pada kehidupan setelah kematian. Setiap manusia akan diadili sesuai dengan apa yang dilakukannya sewaktu hidup. Tapi seiring dengan berkembangnya zaman, kepercayaan ini pun mulai luntur dan digantikan oleh paham-pahambaru tentang kehidupan. Banyak orang tidak lagi percaya pada kehidupan setelah kematian, apalagi kepada penghakiman yang akan dihadapi kelak. Ada pendapat yang mengatakan bahwa, “Manusia hidup sekali saja dan jika manusia itu meninggal, maka semuanya sudah selesai dan tidak akan terjadi apa-apa lagi.” Benarkah demikian? Jika hal ini benar adanya, maka sia-sialah pengharapan dan kepercayaan iman kita selama ini. Jika fenomena ini terus berkembang, bisa saja di masa yang akan datang bukan hanya orang tidak percaya lagi kepada penghakiman terakhir, tapi juga akan hilang kepercayaan kepada Tuhan.

Alkitab jelas berkata,  ketika Yesus  datang  ke dunia untuk kedua kalinya, maka tiap orang akan masuk pada masa penghakiman. Orang percaya akan diadili  di Tahta  Pengadilan  Kristus (Yun: be’ma), tujuannya untuk memberi upah sesuai perbuatan selama hidup(ay. 17, Bdg. Why. 22:12, 1Kor. 9:25). Sedangkan orang yang tidak percaya akan berada di Pengadilan  Tahta Putih untuk dihakimi (Bdg. Yoh. 8:24, Why. 20:11-15). Bulan ini NDC mengangkat tema: Divine Judgment (Penghakiman Ilahi) agar umat Tuhan diperlengkapi dengan kebenaran Firman lewat bahasan: Tahta Pengadilan Ilahi, pentingnya Pembenaran Kristus dan bagaimana cara hidup setelah mengalami pembenaran. Menyadari setiap kita kelak akan bertanggung jawab atas perbuatan kita, penting bagi kita untuk hidup berkenan di hadapan-Nya. Mintalah Roh Kudus memimpin agar Anda siap jika masa itu tiba.

REFLEKSI DIRI
1. Hal apa yang seharusnya Anda lakukan selama kita hidup di dunia ini? (Bdg. Flp. 2:12)
2. Mengapa orang percaya tidak dihakimi di Pengadilan Tahta Putih? (Bdg. Rom. 8:1)

YANG HARUS DILAKUKAN
Belajarlah hidup taat kepada Firman Tuhan agar Anda bisa menerima upah besar di surga.

POKOK DOA
Tuhan Yesus terima kasih buat segala anugerah dan kebaikan-Mu dalamhidupku. Pengorbanan-Mu telah membuatku menerima anugerah keselamatan yang kekal. Pimpin dan tuntunlah hidupku sampai aku tiba pada langkahku yang terakhir.

No comments: