Thursday, March 09, 2017

HINDARI GODAAN UNTUK MENIPU

Kamis, 9 Maret 2017

Bacaan Alkitab hari ini
Mazmur 32:1-11

Bacaan Alkitab setahun
Lukas 15:11-32; Mazmur 68-71

AYAT HAFALAN
Mazmur 32:2, Berbahagialah manusia, yang kesalahannya tidak diperhitungkan  TUHAN, dan yang tidak berjiwa penipu!

RENUNGAN INSPIRASI
Nama CharlezK. Ponzi mungkin terdengar asing bagi kita. Dia adalah salah satu penipu yang paling fenomenal abad ini. Ponzi adalah penemu skema Money Game, yaitu skema yang digunakan oleh pengusaha berkedok multilevel marketing (MLM) yang sempat heboh beberapa waktu lalu di Indonesia. Pada tahun 1920, Ponzi dan perusahaannya jasa “kuponpos” di Boston menjadi perbincangan di Amerika. Dia berhasil meraup 9,5juta dolar dari 10.000 investor dalam waktu msingkat, dengan menjual surat perjanjian(promissorynotes) yang berbunyi: “Bayar 55 sen untuk setiap sen, hanya dalam waktu 45 hari”. Awalnya bisnis money game ini berjalan dengan lancar, tapi lambat laun banyak orang yang curiga dan menuntut uangnya kembali. Ponzi pun akhirnya dipenjara karena terbukti melakukan penipuan. Saat ini Ponzi versi modern pun hadir di berbagai aspek kehidupan dalam wujud: praktik korupsi, kecurangan hingga berbagai modus penipuan modern. Pelakunya pun ada yang dari oknum pejabat tinggi, aparat keamanan, pemuka agama, hingga orang biasa.

Memang tidak ada orang yang tiba-tiba bisa menjadi seorang penipu. Biasanya hal itu dimulai dari kebohongan kecil yang terus dibiarkan hingga membentuk karakter seseorang menjadi pribadi yang suka menipu. Sebagai orang percaya, kita sadar bahwa berbohong adalah karakter manusia lama yang harus kita tinggalkan. Kita perlu terus menerus mengingatkan diri kita sendiri bahwa penipuan bukanlah jalan menuju hidup sukses. Jangan pernah tergiur dengan keuntungan sesaat namun dapat berakibat fatal di kemudian hari. Berjalanlah senantiasa dalam kebenaran Tuhan, sesulit apa pun kondisinya. Apakah usaha atau pekerjaan Anda sedang dalam kondisi tidak baik saat ini? Kebutuhan Anda dan keluarga semakin besar? Jangan patah semangat, tetaplah berinovasi dan kreatif. Percayalah berkat Anda tidak akan pernah tertukar dengan orang lain, Tuhan pasti memberkati Anda dengan berlimpah (Bdg. Mzm. 84:11).

REFLEKSI DIRI
1. Apa isi Janji Tuhan bagi Anda saat tetap hidup benar dihadapan-Nya (ay. 3-16)?
2. Sikap apa yang perlu Anda ambil saat muncul godaan untuk menipu?

YANG HARUS DILAKUKAN
Jangan tergoda untuk menipu tetaplah berdiri dalam kebenaran apa pun yang terjadi.

POKOK DOA
Bapa di sorga aku percaya bahwa Engkau adalah Allah yang memberkati umat yang tetap berada di dalam jalan-Mu. Jagalah langkahku agar terhindar dari berkat yang bukan menjadi jerih lelahku. Berilah ketabahan dan karunia untuk mensyukuri segala sesuatu yang Engkau berikan.

No comments: