Thursday, March 30, 2017

JANJI PENYERTAAN-NYA

Kamis, 30 Maret 2017

Bacaan Alkitab hari ini
Filipi 1:1-30

Bacaan Alkitab setahun
Ibrani 1; Mazmur 146-148

AYAT HAFALAN
Filipi 1:6, Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus.

RENUNGAN INSPIRASI
Masih ingatkah Anda dengan permainan Ular Tangga? Sebuah permainan yang bisa dimainkan beberapa orang dengan tujuan untuk mencapai petak terakhir. Untuk mencapai petak terakhir itu, perjalanan tidak selalu mulus karena ada ular-ular yang siap membawa anda turun ke posisi bawah. Permainan yang ditemukan pada tahun 1870 ini sarat nilai moral di dalamnya. Dalam permainan ini, seseorang harus terus bermain jika ingin tiba di petak akhir. Ular dipakai sebagai simbol penghalang dan jebakan mencapai tujuan, sedangkan tangga adalah simbol sesuatu yang baik, yang bisa membawa seseorang naik ke tingkat yang lebih tinggi. Begitu juga dalamhidup. Ketika kita telah memiliki visi atau tujuan dari Tuhan, halangan dan rintangan pasti akan hadir untuk menghalangi. Tapi apakah semuanya ini membuat kita berhenti untuk menggenapi visi Tuhan dalam hidup kita?
Rasul Paulus pun menyadari ada tantangan besar yang sedang dihadapi jemaat Filipi. Pertama, mereka merasa akan kehilangan Paulus yang selama ini memimpin mereka. Kedua, tantangan yang datang dari luar (Bdg. Flp. 3) yang mengancam kesetiaan iman jemaat. Paulus berkata, “Jika Tuhan telah memanggilmu dalam iman maka Dia juga akan terus memimpin hingga akhir” (ay. 6). Tantangan yang kita hadapi akhir-akhir ini tidaklah semakin mudah, tantangan dari luar (ajaran sesat, anti-Kristus, resesi dunia dll) maupun tantangan dari dalam (pembentukan karakter). Tapi jangan Anda berkecil hati. Bukankah Tuhan telah berjanji akan terus menolong dan memimpin kita? Jika saat ini iman Anda mulai lemah dan putus asa. Datanglah kepada Tuhan dan minta Dia meneguhkan kembali imanmu. Ingatlah bahwa Tuhan kita adalah Tuhan yang setia. Tak sedetik pun Dia meninggalkan kita. Bangkitlah dan teruskan perlombaan imanmu.

REFLEKSI DIRI

1. Jaminan apa yang Tuhan berikan bagi Anda yang terus percaya kepada-Nya?
2. Apa yang harus kita lakukan saat merasa iman kita mulai lemah?

YANG HARUS DILAKUKAN
Tetaplah kerjakan bagian Anda dan berjalanlah terus dalam iman dan anugerah Tuhan menuju garis akhir untuk menerima mahkota kehidupan Anda.

POKOK DOA
Tuhan Yesus, pimpinlah hidupku agar aku terus bertahan dalam iman dan berjalan dalam anugerah-Mu. Aku sadar kekuatanku terbatas, tetapi kuat kuasa-Mu sungguh tak terbatas dalam hidupku. Kuatkanlah hati dan jiwaku agar senantiasa berjuang sampai langkah yang terakhir.

No comments: