Wednesday, March 15, 2017

LAKUKAN ANTISIPASI SEJAK DINI

Rabu, 15 Maret 2017

Bacaan Alkitab hari ini
Yohanes 16:1-33

Bacaan Alkitab setahun
Lukas 18:18-43; Mazmur 90-93

AYAT HAFALAN
Yohanes 16:1, "Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya kamu jangan kecewa dan menolak Aku.

RENUNGAN INSPIRASI
Dalam membuat perencanaan, selain menentukan target dan cara untuk mencapainya, biasanya kita juga memikirkan resiko-resiko dan kemungkinan-kemungkinan apa saja yang bisa terjadi dan bagaimana solusinya bila itu terjadi. Inilah yang disebut dengan “antisipasi.” Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kata “antisipasi” diartikan sebagai: (1) perhitungan tentang hal-hal yang akan (belum) terjadi, (2) penyesuaian mental terhadap peristiwa yang akan terjadi. Atau dapat dipahami sebagai langkah perhitungan dan penyesuaian mental terhadap peristiwa yang akan terjadi. Sebagai contoh, pertengahan tahun 2016 kemarin, Mentseri Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro mengungkapkan, “Perekonomian global tahun depan masih menantang. Indonesia perlu menyiapkan langkah antisipasi menghadapi krisis ekonomi 2017.” Langkah ini sengaja diambil agar Indonesia tetap mampu melewati berbagai krisis yang terjadi di tahun 2017.

Dalam kehidupan orang percaya, Tuhan Yesus sesungguhnya telah memberitahukan kita tentang banyak hal sebelumhal itu terjadi. Rentetan peristiwa besar yang terjadi akhir-akhir ini, seharusnya membuat kita sadar akan segala perkataan-Nya itu benar (Bdg. Mat 24). Tuhan menyampaikan hal ini karena Dia sangat mengasihi kita. Dia ingin kita segera mengantisipasinya dengan membangun fondasi iman yang benar dan kokoh, agar kita bisa keluar sebagai pemenang dalam segala keadaan di dunia ini. Pertanyaannya adalah langkah apa yang perlu kita ambil untuk memperkuat iman percaya kita dan memiliki dasar iman yang benar? Jawabannya sederhana: hiduplah sungguh-sungguh mentaati Firman-Nya (ay. 33), dan mintalah selalu pimpinan Roh Kudus (ay. 13). Percayalah, selama Anda tetap melekat dengan Tuhan, musim terburuk sekali- pun akan berubah menjadi sukacita dan kemenangan.

REFLEKSI DIRI
1. Nubuatan apa saja yang Tuhan katakan tentang dunia di akhir zaman? (Mat 24)
2. Langkah apa saja yang harus Anda lakukan saat kejadian buruk terjadi di dunia ini?

YANG HARUS DILAKUKAN
Bangunlah persekutuan dengan Tuhan sedini mungkin dan tekunlah saat melakukannya.

POKOK DOA
Tuhan Yesus, terima kasih telah memberitahukan semuanya ini kepadaku. Aku akan melakukan langkah antisipasi sejak dini dengan hidup terus mengandalkan Engkau. Terima kasih Roh Kudus, Engkau sudah mengingatkan aku hari ini untuk selalu hidup di dalam kebenaran firman Tuhan.

No comments: