Monday, March 13, 2017

MEMPERSIAPKAN DIRI MENUJU KEKEKALAN

Senin, 13 Maret 2017

Bacaan Alkitab hari ini
2 Korintus 5:1-21

Bacaan Alkitab setahun
Lukas 17:20-37; Mazmur 83-86

AYAT HAFALAN
2 Korintus 5:9, Sebab itu juga kami berusaha, baik kami diam di dalam tubuh ini, maupun kami diam di luarnya, supaya kami berkenan kepada-Nya.

RENUNGAN INSPIRASI
Ada begitu banyak upaya manusia untuk memperpanjang usia hidup di dunia, namun manusia belum dapat menemukan cara untuk hidup selamanya. Alkitab menunjukkan bahwa tubuh kita di dunia ini bagaikan kemah rapuh yang sewaktu-waktu dapat dibongkar (mati). Alangkah bodohnya kita apabila di dunia ini kita hanya fokus kepada hal-hal lahiriah yang sementara dan segera akan kita tinggalkan. Suatu paradoks yang aneh apabila kita memimpikan kehidupan yang kekal, namun kita tidak mau menanggalkan kemahyanglama(ay. 4). Oleh karena itu, setiap orang yang sungguh-sungguh percaya kepada Kristus, fokus hidupnya akan berubah dari kefanaan kepada kekekalan. Rick Warren pernah menyatakan, “Kehidupan di bumi ini adalah persiapan untuk kekekalan”.

Rasul Paulus sungguh menyadari kebenaran hal ini dalamhidupnya, sehingga dia begitu antusias untuk mempersiapkan kehidupan agar semakin berkenan di hadapan Tuhan (ay. 9). Kita pun seharusnya memiliki pemikiran yang sama seperti Rasul Paulus. Persiapkanlah diri kita agar didapati berkenan saat berdiri di hadapan tahta pengadilan Kristus. Tanyakankah beberapa pertanyaan ini pada diri Anda sendiri dalam hati: Berapa banyak waktu yang kita berikan untuk Tuhan? Sudahkah kita sungguh mentaati Firman-Nya? Jika kita diingatkan untuk mempersiapkan diri menuju kekekalan, itu artinya Tuhan ingin kita bisa bersukacita karena menerima upah yang besar kelak dalam kekekalan.

REFLEKSI DIRI
1. Mengapa kita perlu segera mempersiapkan diri untuk hidup yang kekal?
2. Apa janji Tuhan saat Anda belajar hidup terus berkenan di hadapan-Nya?

POKOK DOA
Tuhan Yesus, ampuni aku yang selama ini kurang mempersiapkan kehidupanku untuk kehidupan yang kekal nanti. Ya Roh Kudus, terangilah hatiku dan pimpin hidupku agar tidak salah dalammenjalani hidup ini.

YANG HARUS DILAKUKAN
Hiduplah berkenan kepada Tuhan dengan mentaati setiap Firman-Nya.

No comments: