Wednesday, March 08, 2017

MILIKILAH HATI YANG MELAYANI

Rabu, 8 Maret 2017

Bacaan Alkitab hari ini
Matius 20:20-28

Bacaan Alkitab setahun
Lukas 15:1-10; Mazmur 64-67

AYAT HAFALAN
Matius 20:27, dan barangsiapa ingin menjadi terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hambamu;

RENUNGAN INSPIRASI
Beberapa bulan yang lalu Presiden ke-7 Indonesia, Bapak Joko Widodo pernah menuliskan di akun resmi Facebook-nya, “Pemimpin itu melayani, bukan untuk dilayani.” Instruksi ini tentu ditujukan kepada para pemimpin di negeri ini agar terus melayani masyarakat dan tidak terbuai dengan kenyamanan posisinya. Berbicara mengenai pemimpin yang melayani, para pemimpin luar biasa dan tokoh-tokoh dunia, seperti Nelson Mandela, Mahatma Gandhi atau Bunda Theresa yang membawa perubahan dan dampak yang besar, ternyata telah memberi segenap hidup mereka untuk mau peduli dan melayani orang lain. Tak heran bila sampai hari ini kehidupan mereka dijadikan teladan oleh banyak orang. Kepedulian terhadap orang lain sepertinya sudah menjadi hal yang semakin  sulit untuk ditemui di masyarakat.  Hampir semua orang sibuk dengan target pencapaian diri sendiri. Bahkan tak sedikit yang tega menghalalkan segala cara untuk meraihnya. Bagaimana dengan orang percaya, sikap apa yang harus kita ambil saat melihat keadaan ini?

Dalam Alkitab sebenarnya Tuhan Yesus telah melakukan dan mengajarkan tentang hal ini. Jika kita ingin berhasil dan hidup berdampak besar bagi banyak orang, maka kita harus memiliki jiwa yang  “people-oriented” atau melayani orang lain (ay. 26-28). Kenyataannya, tidak sedikit di antara kita justru sebaliknya. Kadang kita sulit untuk mengalah. Ketika berurusan dengan orang lain, yang kita pikirkan hanyalah, “Untung buat saya apa?” Tak heran jika banyak hal yang kita lakukan tak berbuah manis. Mari kita sama-sama belajar dari teladan Tuhan Yesus yang rela melayani.  Melayani orang lain tidak akan membuat derajat kita menjadi rendah. Justru orang akan melihat karakter Kristus ada dalam hidup kita. Mintalah Roh Kudus untuk membimbing dan lihatlah hidup Anda akan berhasil dan berdampak luar biasa di tengah dunia, serta tentu saja nama Tuhan pasti dipermuliakan.

REFLEKSI DIRI
1. Contoh apa yang diberikan Tuhan Yesus dalam hal melayani? (Bdg. Yoh. 13:1-15)
2. Dampak apa yang ditimbulkan saat Anda mulai belajar melayani orang lain?

POKOK DOA
Tuhan Yesus, terima kasih telah memberitahukan hal yang seringkali menghambat hidupku menjadi berkat. Berikanlah aku hati-Mu yang rela melayani orang lain, agar nama-Mu senantiasa dipermuliakan dimanapun aku berada.

YANG HARUS DILAKUKAN
Belajarlah melayani dari hal sederhana, mulailah dari keluarga dan orang-orang terdekat Anda.

No comments: