Friday, March 03, 2017

PERCAYA KEPADA TUHAN SEBAGAI GAYA HIDUP

Jumat, 3 Maret 2017

Bacaan Alkitab hari ini
Yesaya 30:1-33

Bacaan Alkitab setahun
Lukas 12:35-59; Mazmur 45-48

AYAT HAFALAN
Yesaya 30:15,"Sebab beginilah firman Tuhan ALLAH, Yang  Mahakudus, Allah Israel: "Dengan bertobat dan tinggal diamkamu akan diselamatkan, dalamtinggal tenang dan percaya terletak kekuatanmu."

RENUNGAN INSPIRASI
Seorang legenda kungfu yang bernama Bruce Lee, pernah membuka salah satu rahasia kemenangan- nya selama ini, yaitu, “be a water”. Maksudnya, jadilah setenang air. Dia percaya ketenangan adalah kekuatan yang membuat musuh tak mampu menembus pertahanan dirinya. Saat seseorang meng- hadapi masalah dalam hidup, tetap tenang dan tetap mengendalikan hati dan pikiran adalah sesuatu yang penting. Saat Anda tidak bisa mengontrol hati dan pikiran Anda, maka perasaan cemas, takut, dan panik pun akan segera menguasai. Ada orang yang menggunakan harta, jabatan, kekuatan, kekuasaan atau hubungan dengan orang lain sebagai sumber ketenangan. Tapi masalahnya, bagaimana jika suatu saat hal-hal tersebut tak mampu memberi alasan kuat untuk tetap tenang?Anda bisa saja mengalami stress dan putus asa, bahkan tak jarang berbuat hal yang bodoh karena tekanan yang begitu besar dalam hidup Anda.

Dalam Alkitab hal itu pernah  terjadi kepada kaum Yehuda. Yehuda pernah ingin menggunakan  Mesir untuk menjaga pola pikirnya agar tetap tenang dari masalah (Asyur). Tapi Tuhan menegurnya dan berkata, “Hanya  tinggal  tenang dan percaya kepada Dia letak kekuatan  sesungguhnya” (ay. 15). Sebagai orang percaya tentu kita semua tahu akan hal ini, tetapi mengapa kita tetap saja merasa tertekan saat masalah hadir? Jawabannya adalah karena kita belum mempraktikkannya sebagai gaya hidup. Selama kita belum mengubahnya menjadi gaya hidup, maka kita akan terus kalah oleh masalah. Latihlah iman Anda untuk percaya kepada Tuhan dan jadikan itu sebagai gaya hidup Anda. Percayalah semua masih ada dalam kendali-Nya. Jadilah tenang!

REFLEKSI DIRI
1. Bagaimana cara memiliki kepercayaan penuh kepada Tuhan?
2. Apa rahasia kemenangan orang percaya saat menghadapi masalah ? (ay. 15)

POKOK DOA
Tuhan Yesus, terima kasih memberitahukan rahasia untuk menghadapi masalah dalamhidup ini. Aku percaya bahwa hidupku adalah milikmu. Ajarlah aku untuk melatih kepercayaanku kepada-Mu.

YANG HARUS DILAKUKAN
Bangunlah hubungan tiap hari dengan Tuhan untuk dapat mengenal-Nya lebih dalamdan jadikan itu sebagai gaya hidup.

No comments: