Saturday, March 18, 2017

RENCANA TUHAN SELALU YANG TERBAIK

Sabtu, 18 Maret 2017

Bacaan Alkitab hari ini
Roma 8:1-39

Bacaan Alkitab setahun
Lukas 20:1-26; Mazmur 103-106

AYAT HAFALAN
Roma 8:28, Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalamsegala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah

RENUNGAN INSPIRASI
Pernahkah Anda mengalami sebuah kejadian buruk yang akhirnya menghilangkan sukacita sepanjang hari? Denis Waitley pernah mengalaminya di tahun 1979. Kala itu ia memesan tempat untuk penerbangan dari Chicago ke Los Angeles. Saat mengejar pesawat, ia kesal saat petugas gerbang mengunci pintu dan melihat mobil tangga menjauh dari pesawat. Ia memohon, namun tidak ditanggapi. Pesawat perlahan melaju ke landasan. Gagal sudah acara seminarnya, dengan marah ia menuju loket tiket mengadukan nasibnya. Selang 20 menit, saat sedang mengantri di depan loket. Ia mendengar berita bahwa pesawat yang tadi dikejarnya jatuh sewaktu lepas landas, semua penumpang tewas. Dengan lemas ia membatalkan niatnya. Sudah 10 tahun berlalu sejak peristiwa itu, namun Denis tak pernah menguangkan tiketnya kembali. Ia justru menempelkannya di buletin kantornya sebagai peringatan bisu. Setiap kali ia mengalami sebuah kejadian yang buruk, ia melihat tiket itu.

Tidak jarang apa yang kita rencanakan tidak berjalan seperti yang kita kehendaki. Bahkan bukan tidak mungkin justru malah berubah menjadi kebalikannya. Tentu saja hal ini sangat mengecewakan kita. Tetapi sebagai anak Tuhan, kita harus percaya bahwa Tuhan turut bekerja dan memiliki rencana dibalik segala peristiwa yang terjadi dalam hidup kita (ay. 28). Meskipun saat ini mungkin Anda tengah mengalami masalah, seperti: kehilangan pekerjaan, usaha Anda sedang ditipu oleh orang, ada anggota keluarga yang sakit keras atau masalah lainnya, jangan pernah ijinkan kekecewaan menutup mata iman kita kepada Tuhan. Ambillah waktu untuk menenangkan diri dan carilah wajah Tuhan. Percayakan hidupmu dalam rencanaNya. Percayalah suatu hari kita akan mengingat kembali masa itu dan berkata, “Terima kasih Tuhan, untuk rancanganMu yang indah bagi hidupku.”

REFLEKSI DIRI
1. Apa yang harus kita pahami saat tengah mengalami situasi yang buruk?
2. Bagaimana seharusnya respon kita saat mengalami kejadian buruk dalam hidup kita?

YANG HARUS DILAKUKAN
Arahkan pandanganmu kepada Tuhan dan percayalah bahwa Dia tidak pernah tinggal diam. Rencana-Nya pasti yang terbaik.

POKOK DOA
Bapa di sorga, aku berterima kasih atas segala sesuatu yang telah terjadi dalam hidupku. Walau secara manusia aku merasa kecewa dan pedih, tetapi hari ini aku percaya bahwa rancangan-Mu melebihi rancanganku. Jadilah sesuai kehendak-Mu.

No comments: