Saturday, March 25, 2017

SIAPAKAH YANG LAYAK MASUK SURGA?

Sabtu, 25 Maret 2017

Bacaan Alkitab hari ini
Roma 3:21-28

Bacaan Alkitab setahun
Lukas 23:1-26; Mazmur 128-133

AYAT HAFALAN
Roma 3:28, Karena kami yakin, bahwa manusia dibenarkan karena iman, dan bukan karena ia melakukan hukum Taurat.

RENUNGAN INSPIRASI
Sebuah jajak pendapat yang dilakukan untuk U.S News & World Report menanyakan pendapat dari 1.000 orang dewasa mengenai siapa yang sekiranya layak masuk surga. Pada urutan teratas, tidak mengejutkan lagi adalah sosok mereka yang religius dan beberapa selebriti. Namun yang cukup unik dari jajak pendapat ini adalah sekitar 87% responden menyatakan bahwa mereka sendiri juga layak masuk surga. Tentu hasil ini tidaklah mengherankan, karena tidak banyak orang yang mau disebut tidak layak masuk surga. Banyak orang Kristen saat ini memiliki gagasan yang keliru tentang syarat untuk masuk surga. Banyak orang berpikir karena dia kegereja dan terlibat dalam berbagai aktivitas gerejawi maka dia layak masuk surga. Atau, karena dia sangat dermawan dan banyak mendukung pekerjaan Tuhan dalam dana, maka dia telah layak untuk masuk surga. Terlibat aktif dalam kegiatan dan pelayanan gerejawi, serta mendukung pekerjaan Tuhan dalam hal dana tentu saja hal yang baik. Tapi benarkah itu yang membuat kita bisa masuk surga? Mari kita lihat kriteria seperti apa yang Alkitab maksudkan agar seseorang disebut layak untuk masuk surga.

Tuhan dengan jelas mengatakan syarat untuk masuk surga, yakni komitmen pribadi kepada Yesus Kristus sebagai Juruselamat dan Tuhan(Bdg. Yoh. 1:12; 1Tim. 2:5). Meskipun iman kepada Yesus akan jelas tercermin dalam perbuatan seseorang (Bdg. Yak. 2:14-20), kemurahan hati atau aktivitas rohani tidak dapat menggantikan karya pengorbanan Yesus Kristus. Kita tetap butuh pembenaran-Nya untuk mendamaikan kita dengan Allah. Ini adalah kebenaran yang harus kita mengerti dan terima. Jika kita telah dilayakkan untuk masuk dalam kerajaan-Nya, itu semua hanya karena kasih karunia dan kebaikan-Nya kepada kita. Hari ini maukah kita mengakuinya dalam seluruh aspek kehidupan kita dan selalu berkata, “Semua hanya anugerah- Nya”.

REFLEKSI DIRI
1. Kriteria apa yang harus dipenuhi agar Anda disebut layak masuk kerajaan sorga?
2. Kapan terakhir Anda meninggikan dan mengakui semua karena Yesus dalamhidup Anda?

YANG HARUS DILAKUKAN
Tinggikanlah nama Yesus senantiasa dengan menjadikan Dia satu-satunya alasan Anda untuk hidup.

POKOK DOA
Tuhan Yesus, terima kasih telah memilih dan memberiku anugerah agar memperoleh hidup yang kekal bersama dengan-Mu. Aku rindu untuk meninggikan nama-Mu selalu di hidupku dan mengingat anugerah-Mu yang begitu besar bagiku. Semua hanya karena anugerah-Mu, Yesus.

No comments: