Monday, March 27, 2017

SIAPAKAH YESUS?

Senin, 27 Maret 2017

Bacaan Alkitab hari ini
Matius 16:1-28

Bacaan Alkitab setahun
Lukas 23:39-56; Mazmur 137-139

AYAT HAFALAN
Matius 16:15, Lalu Yesus bertanya kepada mereka: “Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?”

RENUNGAN INSPIRASI
Bila Anda mengetik pertanyaan, “Siapakah Yesus?” di kolom mesin pencari (Search Engine) seperti Google atau Yahoo, Anda mungkin akan menemukan ribuan situs yang berusaha untuk menjelaskan tentang siapakah Yesus itu menurut sudut pandang dan cara mereka masing-masing. Apakah penjelasan mereka itu benar semua? Tentu saja tidak seratus persen informasi tentang Yesus ini dapat dipegang kebenarannya. Pencarian akan kebenaran tentang siapakah Yesus ini tak jarang akhirnya menimbulkan perdebatan di antara mereka yang mencarinya di luar kasih karunia Tuhan. Ada yang menyangkal keilahian-Nya karena Dia berasal dari keluarga tukang kayu. Ada juga yang menerima dan percaya dengan iman bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat. Pada jaman Yesus sendiri, situasi yang sama pernah terjadi. Waktu itu Tuhan Yesus bertanya kepada para murid, “Siapakah Aku menurut orang banyak?” Para murid pun menyebut nama beberapa nabi dan tokoh besar. Ia pun melanjutkan pertanyaannya, “Tapi menurut kalian, siapakah Aku ini?” Meski para murid sempat bingung untuk memberi jawab, Petrus akhirnya berkata, “Engkaulah Mesias, Anak Allah yang hidup!” Pernyataan ini benar tapi itu bukan karena Petrus sudah mempelajari siapa Yesus. Pernyataan ini diwahyukan kepada Petrus oleh Roh Kudus.

Hari ini tidak sedikit orang Kristen yang gagal paham tentang siapa Yesus. Mereka tahu Yesus tapi tidak sungguh-sungguh mengenal-Nya dengan benar. Penilaian tentang ke-Tuhan-Nya sering diukur hanya dari pengalaman hidup seseorang saja. Misalnya: Saat seseorang disembuhkan, atau diberkati berlimpah, kita mungkin berkata: “Sungguh Yesus adalah Tuhanku.” Memang ini tidak salah, tapi bagaimana bila tak disembuhkan atau tidak mengalami diberkati? Apakah Dia bukan Tuhan?Tentu Dia tetapTuhan. Kitalah yang terbatas mengenal Dia. Sebab itu, kenali Dia dari dekat melalui firman-Nya dan bangunlah hubungan pribadi dengan-Nya. Jadilah murid Kristus dan Roh Kudus akan menuntun Anda. Pertanyaannya saat ini, siapakah Yesus menurut Anda? Apakah arti kehadiran Yesus dalam hidup Anda?

REFLEKSI DIRI
1. Bagaimana caranya agar kita bisa mengenal Tuhan secara utuh dan benar?
2. Setelah membaca renungan ini, maukah Anda mengenal Tuhan dengan benar?

POKOK DOA
Tuhan Yesus, kerinduan terbesarku adalah mengenal Engkau seumur hidupku. Engkau adalah segalanya bagiku. Bukalah hati dan pikiranku agar aku dapat mengerti kehendak-Mu dalam hidupku.

YANG HARUS DILAKUKAN
Bangunlah pengenalan Tuhan dari membaca Firman dan berjalanlah dalam perintah-Nya.

No comments: