Friday, March 24, 2017

TIDAK ADA YANG MUSTAHIL BAGI TUHAN

Jumat, 24 Maret 2017

Bacaan Alkitab hari ini
Kejadian 18:1-16

Bacaan Alkitab setahun
Lukas 22:54-71; Mazmur 120-127

AYAT HAFALAN
Kejadian 18:14, Adakah sesuatu apapun yang mustahil untuk TUHAN? Pada waktu yang telah ditetapkan itu, tahun depan, Aku akan kembali mendapatkan engkau, pada waktu itulah Sara mempunyai seorang anak laki-laki.

RENUNGAN INSPIRASI
Masih percayakah Anda dengan mujizat Tuhan? Mungkin ada yang menjawab, “Ya, saya percaya!” Tetapi ada juga yang mungkin berkata, “Saya tidak yakin ada mujizat di jaman modern ini.” Sesung- guhnya hal itu tidaklah terlalu penting untuk diperdebatkan, karena bergantung keyakinan mereka terhadap Tuhan dalam hidup mereka. Dalam Alkitab, ada sebuah cerita tentang sepasang suami isteri yang rindu ingin mendapatkan keturunan meskipun keduanya sudah lanjut usia dan hal itu sepertinya mustahil. Pasalnya, sang istri pun sudah jauh melewati masa menopause (mati haid). Jangankan berpikir mendapatkan keturunan, merindukannya pun adalah hal yang tidak rasional karena pasti tak mungkin terjadi. Namun kesabaran mereka untuk tetap percaya kepada janji Tuhan membuahkan hasil yang sungguh luar biasa. Tuhan melakukan mujizat dengan memberikan mereka keturunan (Bdg. 21:2). Demikianlah Tuhan menunjuk- kan kemahakuasaan-Nya bagi orang-orang yang hidup dalamiman. Kita semua tentu tahu bahwa pasangan menerima mujizat itu adalah Abraham dan Sara.

Dari cerita Abraham dan Sara setidaknya kita dapat mempelajari dua hal penting untuk menerima mujizat Tuhan. Pertama, milikilah iman kepada Tuhan. Artinya kita harus mempercayai Tuhan melampaui situasi yang ada. Jangan seperti Sara yang sempat ragu hingga Tuhan harus menegurnya (ay. 10). Kedua, sabarlah menanti. Mujizat selalu terjadi sesuai dengan waktu dan ketetapan Tuhan, bukan berdasarkan keinginan kita (ay. 14). Percayalah bahwa Tuhan memegang kendali segala sesuatu dan menjadikannya indah pada waktunya. Apakah Anda sedang bergumul dengan hal yang menurut manusia mustahil? Jangan tawar hati dan peganglah janji Tuhan dalam hidup Anda. Percayalah bagi Tuhan tidak ada yang mustahil.

REFLEKSI DIRI
1. Pelajaran apa yang dapat kita ambil dari iman seorang Abraham? (ay. 10)
2. Hal apa saja yang dapat menghalangi mujizat Tuhan terjadi dalamhidup kita?

YANG HARUS DILAKUKAN
Apapun yang sedang terjadi dalamhidup Anda, tetaplah percaya bahwa Tuhan sanggup untuk melakukan mujizat dalamhidup Anda.

POKOK DOA
Tuhan Yesus, aku percaya bahwa mujizat-Mu masih ada. Meski pergumulan ini mustahil bagiku, tapi tidak bagi-Mu. Aku berdoa biarlah kehendak-Mu yang terjadi, bukan kehendakku. Aku serahkan seluruh hidupku ke dalam tangan kuasa-Mu.

No comments: