Sunday, March 19, 2017

TUJUAN PENGHAKIMAN ILAHI

Minggu, 19 Maret 2017

Bacaan Alkitab hari ini
Wahyu 22:1-21

Bacaan Alkitab setahun
Lukas 20:27-47; Mazmur 107-109

AYAT HAFALAN
Wahyu 22:12, "Sesungguhnya Aku datang segera dan Aku membawa upah-Ku untuk membalaskan kepada setiap orang menurut perbuatannya.

RENUNGAN INSPIRASI
Ada beberapa fase dalam kehidupan manusia: lahir, sekolah, kuliah, bekerja, menikah, memiliki anak, menjadi tua dan memiliki cucu, kemudian siap untuk meninggal. Memfokuskan kehidupan kita pada hal-hal tersebut adalah normal dan tentu saja penting. Tetapi, sebagai orang percaya kita tidak boleh melupakan bahwa ada kehidupan setelah kematian. Sebelum kita masuk dalam kehidupan yang kekal, kita terlebih dahulu masuk dalam Masa Penghakiman. Anthony A. Hoekema dalam bukunya: “Alkitab dan Akhir Zaman” menjelaskanbeberapahal yangpentingmengenai MasaPenghakimanini. Pertama, untukmenyatakan Kemahakuasaan Tuhan atas manusia. Kedua, untuk membagikan upah orang percaya yang taat melakukan firman-Nya. Ketiga, untuk melaksanakan keadilan Tuhan kepada setiap orang. Mereka yang tidak percaya akan mendapat hukuman. Sedangkan bagi orang yang percaya kepada Kristus akan disingkapkan segala yang pernah dilakukan semasa hidupnya. Bagi sebagian orang percaya ini dapat menjadi sebuah penyingkapan yang "memalukan" karena merasa tidak hidup dengan maksimal seperti yang Tuhan harapkan.

Sebagai orang percaya, penting bagi kita untuk menguji diri kita masing-masing, terus berbenah diri agar terus hidup berkenan di hadapan-Nya. Tuhan mungkin mengijinkan pergumulan, penderitaan dan ketidakadilan menghampiri hidup kita. Tetapi, jangan goyah, tetaplah percaya bahwa Dia adalah Hakim yang Adil. Tuhan pasti akan memberi keadilan dan upah setimpal bagi setiap perbuatan kita. Pertanyaannya adalah, apakah Anda sudah siap bila saat ini Anda harus berdiri di Tahta Pengadilan-Nya?

REFLEKSI DIRI
1. Apa saja tujuan hingga diadakan Masa Penghakiman Ilahi?
2. Mengapa kita orang percaya harus lebih berbenah diri hidup sesuai Firman Tuhan?

YANG HARUS DILAKUKAN
Periksa kembali kehidupan rohani Anda dan segeralah berbenah semakin lebih baik.

POKOK DOA
Tuhan terima kasih untuk penyingkapan kebenaran-Mu tentang Masa Penghakiman. Aku akan mulai sungguh- sungguh hidup melakukan Firman-Mu, agar aku dapat memberi pertanggung jawaban jika telah berada di hadapan Tahta Pengadilan-Mu.

No comments: