Saturday, March 04, 2017

YESUS, HAKIM YANG ADIL

Sabtu, 4 Maret 2017

Bacaan Alkitab hari ini
Yohanes 5:19-30

Bacaan Alkitab setahun
Lukas 13:1-21; Mazmur 49-51

AYAT HAFALAN
Yohanes 5:22-23, “Bapa tidak menghakimi siapapun, melainkan telah menyerahkan penghakiman itu seluruhnya kepada Anak, supaya semua orang menghormati Anak sama seperti mereka menghormati Bapa. Barangsiapa tidak menghormati Anak, ia juga tidak menghormati Bapa, yang mengutus Dia."

RENUNGAN INSPIRASI
Bila Anda ingat beberapa waktu yang lalu hampir semua stasiun TV tanah air ramai disiarkan persidangan kasus “kopi sianida” dan “dugaan penistaan agama”. Terlepas dari perdebatan pihak mana yang mungkin kita anggap paling benar dan mana yang salah, setidaknya kita bisa lebih mengerti situasi dalam persidangan. Semua peradilan di dunia bertujuan untuk menegakkan kebenaran dan keadilan seadil- adilnya. Ironisnya, dunia peradilan terus tercoreng oleh oknum yang merusak citra pengadilan itu sendiri. Keadilan dapat direkayasa, kebenaran menjadi komoditas transaksional dan dapat diputarbalikkan sesuka hati. Yang benar bisa menjadi salah dan yang salah bisa terlihat benar. Apakah kebenaran  dan keadilan sudah menjadi barang yang langka dan sulit ditemukan lagi?

Kita percaya  jika Sang Hakim  Adil dan Benar, yaitu Yesus Kristus datang untuk kedua kalinya, maka Ia akan menghakimi semua perbuatan manusia. Pengadilan-Nya pun tidak ada kecurangan karena Dialah kebenaran itu dan tidak ada satu orang pun yang dapat membantahnya. Jika kita menyadari akan hal ini, setidaknya ada dua hal yang perlu kita perhatikan: pertama, hiduplah sungguh-sungguh dalam kebenaran Firman. Selain ada upah yang menanti, tidak ada perkara yang tersembunyi di hadapan Tuhan dan semuanya akan terbuka dengan terang benderang. Kedua, Tuhan adalah hakim yang Maha Adil. Ketidakadilan bisa saja menyapa hidup kita, tapi percayalah, akan datang pembelaan Tuhan dan kebenaran akan terungkap tepat pada waktunya.

REFLEKSI DIRI
1. Apa yang akan terjadi saat Tuhan Yesus datang untuk kedua kalinya?
2. Apa yang seharusnya kita lakukan saat tahu kelak Yesus akan berdiri sebagai Hakim?

POKOK DOA
Tuhan Yesus, aku percaya bahwa Engkau kelak akan datang kedua kalinya bukan saja sebagai raja yang memerintah. Tapi sebagai hakimyang adil yang akan memberi keadilan dan kebenaran yang sejati.

YANG HARUS DILAKUKAN
Berusahalah untuk hidup terus berkenan di hadapan Tuhan.

No comments: