Thursday, April 20, 2017

APAKAH ANDA ORANG KRISTEN?

Kamis, 20 April 2017

Bacaan Alkitab hari ini
Kisah Para Rasul 11:19-30

Bacaan Alkitab setahun
Yesaya 58-60; 1 Petrus 2

AYAT HAFALAN
Kisah Rasul 11:26, Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen.

RENUNGAN INSPIRASI
Kata‘Kristen’ dalam bahasa Yunani christianos hanya ditulis tiga kali dalam Perjanjian Baru (Kis. 11:26, Kis. 26:28, dan 1 Pet. 4:16). Kata Kristen pada mulanya adalah sebutan yang ditujukan bagi pengikut Kristus, yang telah menunjukkan kualitas hidup seperti Kristus (Bdg. 1 Yoh. 2:6). Saat ini kekristenan telah kehilangan makna sesungguhnya.  Banyak orang dengan mudah menyimpulkan bahwa jika orang tampak aktif keluar masuk gereja, mengenakan kalung salib, memasang stiker kutipan ayat Alkitab di kaca mobil, atau memasang gambar Tuhan Yesus di ruang tamu, adalah orang Kristen sejati. Identitas diri Kristen sejati harus dibuktikan melalui perbuatan hidup sehari-hari yang meneladani Kristus, sehingga kita layak disebut saksi Kristus dan dipercaya untuk melakukan perkara-perkara besar.

Lukas menguraikan dengan jelas bahwa menjadi orang Kristen bukan sekedar label atau atribut, tetapi identitas yang melekat dan menjadi daging (perbuatan). Cirinya adalah (1) terlibat dalam pemberitaan Injil (Kis. 11:20). Memberitakan Injil tidak harus berada di atas mimbar, tetapi dapat dilakukan di mana pun dan kapanpun. Carapalingefektif memberitakan Injil adalah melalui teladan hidup kita. (2) Memiliki kesetiaan(ay. 23). Alkitab menyatakan banyak yang dipanggil tetapi sedikit yang dipilih (Bdg. Mat. 22:14) Banyak orang percaya akhir-akhir ini mendapat penampian iman luar biasa. Tidak heran jika kita melihat ada orang yang dulu begitu cinta Tuhan, kini pindah kepercayaan karena materi dan hal lainnya. Hari ini menjadi bahan perenungan bagi kita semua. Jika kita memang adalah orang Kristen, apakah kehidupan kita dapat menyaksikan kasih Kristus? Apakah Anda telah setia melakukan perintah-Nya?

REFLEKSI DIRI
1. Apa pengertian “Kristen” dalam renungan ini? Sudahkah Anda menjalankannya?
2. Apa ciri dari orang Kristen sejati menurut Alkitab?

YANG HARUS DILAKUKAN
Belajarlah untuk setia melakukan perintah-Nya tiap hari dengan penuh tanggung jawab.

POKOK DOA
Tuhan Yesus, ampuni aku bila aku belum menunjukkan kehidupan seorang Kristen yang sejati. Roh Kudus, pimpin aku untuk bisa menjadi saksi di mana pun aku berada. Aku mau bersaksi melalui hidupku dan menceritakan perbuatan-Mu.

No comments: