Friday, April 07, 2017

DIHIDUPKAN UNTUK MENGHIDUPKAN

Jumat, 7 April 2017

Bacaan Alkitab hari ini
Yohanes 12:20-36

Bacaan Alkitab setahun
Yesaya 19-21; Ibrani 9

AYAT HAFALAN
Yohanes 12:24, Sungguh benar kata-Ku ini: Kalau sebutir gandum tidak ditanam ke dalam tanah dan mati, ia akan tetap tinggal sebutir. Tetapi kalau butir gandum itu mati, baru ia akan menghasilkan banyak gandum.

RENUNGAN INSPIRASI
Apakah Anda pernah mendengar tumbuhan Wheatgrass? Wheatgrass bukan rumput biasa yang diguna- kan sebagai tanaman penghias. Wheatgrass adalah rumput gandum yang dapat dimanfaatkan sebagai jus kesehatan. Uniknya Wheatgrass dijual tidak dalambentuk minuman jus, tetapi hanya dalam bentuk rumput yang harus ditanam sendiri oleh pembelinya untuk kemudian diolah sendiri. Cara menanam rumput Wheatgrass sama dengan menanam biji gandum. Dipilih dan dikuburkan dalam tanah. Rumput wheatgrass akan terus menerus menghasilkan ratusan benih rumput baru dengan kualitas yang sama.

Hal ini mengingatkan kita akan perkataan Yesus, bahwa diri-Nya seperti biji gandumyang mati dikubur- kan untuk menghasilkan benih baru yang banyak. Yesus harus mengorbankan diri-Nya mati di atas kayu salib untuk menghasilkanbuahkeselamatanbagi banyak orang. Sebagai umat hasil tebusan-Nya, kita juga dituntut untuk bisa menghasilkan buah dalam kehidupan kita (Bdg. Yoh. 15:16). Untuk itulah kita harus mematikan keakuan dengan menyangkal diri sendiri (Kenosis). Kita tidak akan bisa menjadi berkat bagi orang lain jika masih mementingkan diri sendiri. Jadilah benih yang menghasilkan buah yang dapat dinikmati oleh banyak orang. Mulailahdari lingkungan keluarga, rekan, teman hingga kepada semua orang. Sudahkah Anda menjadi benih berkat bagi orang-orang di sekitar Anda?

REFLEKSI DIRI
1. Apa yang dimaksud Yesus dengan perumpamaan biji gandum?
2. Tanggung jawab apa yang harus dimiliki oleh orang percaya selama hidup?

POKOK DOA
Tuhan Yesus, terima kasih buat kasih-Mu. Engkau rela mati di atas kayu salib agar aku bisa dihidupkan kembali. Mampukan aku untuk menjadi benih yang bisa memberi buah bagi banyak orang.

YANG HARUS DILAKUKAN
Mulailah dengan tekad untuk menahan diri (bersabar) sepanjang hari ini.

No comments: