Sunday, April 09, 2017

HUTANG YANG TAK TERBAYAR

Minggu, 9 April 2017

Bacaan Alkitab hari ini
Matius 18:21-27

Bacaan Alkitab setahun
Yesaya 25-27; Ibrani 10:19-39

AYAT HAFALAN
Lukas 17:3, Jagalah dirimu! Jikalau saudaramu berbuat dosa, tegorlah dia, dan jikalau ia menyesal, ampunilah dia.

RENUNGAN INSPIRASI
Robert Christian Hansen adalah salah satu pembunuh berantai paling kejam dalam sejarah kriminal Amerika Serikat. Robert memperkosa dan membunuh 21 orang wanita sebelum akhirnya tertangkap dan dijatuhi hukuman penjara selama 461 tahun oleh pengadilan Alaska. Ya, 461 tahun. Saya tidak salah ketik dan Anda tidak salah baca. Mengapa tidak dijatuhi hukuman penjara seumur hidup saja? Bukankah menjalani hukuman 461 tahun dalam penjara sama saja dengan menjalani hukuman seumur hidup? Alasan dijatuhkannya hukuman itu adalah untuk mempertegas fakta betapa besar dosa dan kejahatannya sehingga tidak mungkin dapat diampuni lagi.

Yesus mengajar sebuah perumpamaan tentang seorang yang berhutang 10.000 talenta kepada raja. Ini hutang yang sangat besar. Kalau 1 dinar adalah upah 1 hari kerja, maka 1 talenta sama dengan 6.000 dinar dan 10.000 talenta setara dengan 60 juta dinar! Ini sama dengan upah bekerja selama 164.383 tahun! Melalui perumpamaan ini Yesus ingin memberikan gambaran betapa besarnya hutang dosa kita. Sebuah hutang yang tak mungkin bisa kita bayar. Kita perlu menyadari bahwa sekeras apapun usaha yang kita lakukan untuk membayar dosa dan kesalahan kita, kita tidak akan pernah sanggup melakukannya. Pengampunan yang diberikan kepada kita adalah karena kasih karunia Tuhan semata (ay. 27). Kesadaran kita akan hal ini akan dapat mengubah cara pandang kita dan perilaku kehidupan kita secara menyeluruh. Kalau Anda dan saya dapat diselamatkan dari cengkeraman kuasa dosa dan maut hari ini, itu semata-mata karena anugerah Tuhan yang begitu besar atas hidup kita. Bukan karena kehebatan atau hasil usaha dan perbuatan baik kita.

REFLEKSI DIRI
1. Bagaimana sikap kita sebagai orang yang telah diselamatkan dan diampuni dosanya oleh Tuhan?
2. Apa tekad Anda setelah Anda menyadari akan anugerah Allah yang besar ini?

POKOK DOA
Tuhan Yesus, terima kasih Engkau sudah mengampuni dosa-dosaku. Kuatkan aku Tuhan, aku mau melepaskan pengampunan untuk orang-orang yang bersalah kepadaku.

YANG HARUS DILAKUKAN
Responi keselamatan dan pengampunan yang Tuhan anugerahkan kepada Anda dengan melepaskan pengampunan kepada orang lain.

No comments: