Friday, April 14, 2017

JANGAN PUTUS ASA

Jumat, 14 April 2017

Bacaan Alkitab hari ini
Markus 4:35-41

Bacaan Alkitab setahun
Yesaya 40-42; Yakobus 1

AYAT HAFALAN
Matius 11:28, Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.

RENUNGAN INSPIRASI
Seorang pemuda didapati tewas setelah melompat dari lantai atas sebuah hotel. Setelah diselidiki, ternyata pemuda itu melompat karena tidak memiliki uang sama sekali. Selain itu, dia juga terlibat hutang yang sangat besar, bahkan untuk membayar sewa kamar hotel tempat dia melompat itu pun dia tidak bisa. Beberapa hari sebelumnya, dia sudah menulis surat kepada saudaranya yang tinggal di kota lain untuk meminta bantuan uang. Setelah berhari-hari dia menunggu jawaban dari saudaranya itu, dia pun semakin kalut, putus asa, hingga mengambil keputusan untuk mengakhiri hidupnya dengan cara demikian. Menyedihkan bukan? Namun, ada yang lebih menyedihkan lagi. Ternyata pada saat ia melompat, di meja resepsionis hotel tersebut baru saja tiba sepucuk surat. Surat dari saudara pemuda itu yang mengatakan bahwa ia mengirimkan uang yang cukup bagi si pemuda untuk melunasi semua hutangnya dan membiayai keperluan hidupnya selama beberapa waktu. Andai saja si pemuda itu menunggu sebentar lagi saja. Andai saja si pemuda itu tidak putus asa, tentu ia tidak perlu mengakhiri hidupnya dengan cara yang sia-sia.

Pendeta Richard Halverson berkata, “Keputusasaan sama dengan melawan Allah.” Mengapa demikian? Karena ketika kita putus asa, kita sudah meragukan kekuasaan Tuhan yang sanggup menolong kita. Murid- murid Yesus pun pernah mengalami rasa putus asa, ketika kapal yang mereka tumpangi dilanda badai yang sangat hebat. Mereka menuduh Yesus tidak peduli dengan keselamatan mereka (ay. 38). Yesus menegur dengan keras sikap para murid ini. Bukankah tujuan Yesus datang ke dunia ini adalah untuk menyelamatkan manusia? Bagaimana mungkin Dia tidak peduli dengan keadaan kita? Mari kita menyadari bahwa ada Tuhan yang berkuasa atas segalanya dan melebihi segala masalah yang sedang kita hadapi. Jangan pernah kita putus asa, karena di dalamYesus selalu ada harapan.

REFLEKSI DIRI
1. Apa yang membuat Anda merasa putus asa dan kehilangan harapan ketika menghadapi masalah?
2. Bila kita sedang berada dalamkeputusasaan, bagaimana caranya agar kita dapat kembali memiliki harapan?

POKOK DOA
Tuhan Yesus, jamah aku, Tuhan. Aku perlu kekuatan dari-Mu untuk menghadapi pergumulan hidupku. Berikanku kekuatan dan harapan yang baru untuk dapat terus melangkah maju.

YANG HARUS DILAKUKAN
Apapun masalah yang sedang Anda hadapi hari ini, datanglah kepada Yesus. Berharaplah kepada-Nya dan arahkan pandangan Anda pada kuasa-Nya.

No comments: