Tuesday, April 18, 2017

MELAYANI SEPERTI TUHAN YESUS

Selasa, 18 April 2017

Bacaan Alkitab hari ini
Yohanes 13:1-20

Bacaan Alkitab setahun
Yesaya 52-54; Yakobus 5

AYAT HAFALAN
Yohanes 13:14, Jadi jikalau Aku membasuh kakimu, Aku yang adalah Tuhan dan Gurumu, maka kamu pun wajib saling membasuh kakimu;

RENUNGAN INSPIRASI
Hampir semua orang Kristen mengenal kata "pelayanan," namun belum tentu telah mengerti arti melayani. Dengan mudah dapat kita temui istilah-istilah yang sudah tidak asing lagi bagi kita seperti, "Customer Care," "Service Center" dan "After Sales Service." Service telah menjadi kunci sukses di dunia bisnis. Namun ada satu perbedaan mendasar antara pelayanan di dunia bisnis dan di gereja. Di dunia bisnis, pelanggan akan dianggap raja, ia akan dilayani sebaik mungkin selama ia masih bisa diharapkan dan memberi manfaat. Di dunia bisnis, semua dihitung berdasarkan untung rugi dan asas manfaat. Lalu bagaimana dengan konsep firman Tuhan tentang “service” atau melayani? Mari kita lihat apa kata Alkitab mengenai hal ini dan apa alasannya orang percaya harus belajar melayani.

Dalam Alkitab, Yesus memberikan teladan dalam hal melayani. Yesus membasuh kaki para murid (ay. 13-16). Dia yang adalah guru (pemimpin), bahkan Tuhan, masih mau melayani. Saat ini ada banyak orang Kristen yang melayani dengan harapan beroleh pujian dan hormat dari manusia. Ini bukanlah melayani yang diajarkan oleh Yesus. Yesus rela menanggalkan segala atribut kebesaran-Nya, kemuliaan-Nya, dan ke-Ilahian-Nya menjadi seorang hamba dan sama dengan manusia, keberadaan-Nya sama sekali tidak diperhitungkan dan bahkan dipandang sebelah mata. Melayani itu perlu pengorbanan waktu, tenaga, pikiran, perasaan dan tidak jarang juga materi. Melayani lebih kepada sikap hati yang mau menyangkal diri dan memposisikan diri lebih rendah dari orang yang dilayani. Mari miliki hati melayani bukan hanya di dalam gereja tapi di mana pun Anda berada.

REFLEKSI DIRI
1. Mengapa Yesus mau melayani membasuh kaki murid-murid? (Yoh. 13:15)
2. Sudahkah Anda memiliki hati seorang hamba yang mau melayani, sama seperti Yesus melayani?

YANG HARUS DILAKUKAN
Temukan tokoh-tokoh dan teladan dalamAlkitab yang memiliki hati hamba untuk melayani. Perhatikan dengan seksama apa yang dilakukannya, dan lakukan itu dalamkehidupan Anda.

POKOK DOA
Tuhan Yesus, berikanku hati yang melayani sama seperti hati-Mu. Kerjakan Tuhan apa yang Engkau pandang baik dalamhidupku, dan Roh Kudus ingatkan aku selalu kebenaran ini, “Sebelumaku melayani, Tuhan Yesus terlebih dahulu melayaniku hingga mati diatas kayu salib.”

No comments: