Thursday, April 13, 2017

MONUMEN KEMENANGAN

Kamis, 13 April 2017

Bacaan Alkitab hari ini
Roma 8:1-15

Bacaan Alkitab setahun
Yesaya 37-39; Ibrani 13

AYAT HAFALAN
Roma 8:1, Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus.

RENUNGAN INSPIRASI
Patung Liberty yang berdiri menjulang tinggi di Staten Island, Amerika Serikat, memiliki arti tersendiri bagi warga Amerika Serikat. Patung ini merupakan simbol kemerdekaan; lambang kebebasan dari penjajahan. Pada alas patung Liberty terdapat kalimat yang dituliskan oleh Emma Lazarus yang sangat menyentuh, bunyinya: "Datanglah kepadaku hai orang-orang yang letih dan miskin, orang-orang yang merindukan udara kebebasan dan yang terbuang. Kirimkanlah kepadaku para tunawisma dan orang-orang yang terlantar: Aku telah mengangkat oborku di sisi gerbang emas." Monumen pembebasan rakyat Amerika, mengingatkan kita pada monumen pembebasan orang percaya, yaitu Salib Kristus. Salib yang awalnya identik dengan kehinaan, kekejaman dan kutukan, telah menjadi lambang kemenangan karena Kristus telah menang atas maut.

Rasul Paulus menjelaskan kepada jemaat di Roma, bahwa kematian Kristus di atas kayu salib telah melepaskan kita dari penghukuman (ay. 1). Kemerdekaan yang kita dapatkan dengan cuma-cuma, karena Kristus telah membayar lunas harganya. Kematian Yesus telah mengubah masa depan hidup manusia, yang semula akan berakhir dalam kebinasaan menjadi hidup kekal bersama dengan Tuhan. Hari ini, undangan kemenangan dan kemerdekaan itu ditujukan kepada Anda. Tak peduli seberapa kuat belenggu dosa yang mengikat Anda, atau sedalam apapun Anda telah jatuh ke dalam dosa, Dia sanggup memerdekakan hidup Andadari dosa. Bukalahhati Anda, percayalah kasih Tuhan sanggup membebaskan Anda. Jangansia-siakan lagi kesempatan ini, bertobatlah dan terimalah kebebasan dan kemerdekaan dari Tuhan.

REFLEKSI DIRI
1. Mengapa salib disebut sebagai monumen kemenangan orang Kristen?
2. Apa janji Tuhan bagi Anda saat datang mengakui dosa kepada-Nya? (Bdg. 1 Yoh 1:9)

POKOK DOA
Tuhan Yesus, ampunilah segala dosa-dosaku. Aku terima dengan iman, penebusan di atas kayu salib. Hari ini aku percaya hidupku akan dipulihkan dan aku memiliki kehidupan yang baru di dalam Engkau.

YANG HARUS DILAKUKAN
Jangan sia-siakan kesempatan, datanglah kepada Tuhan dan bertobatlah, maka Anda akan dibebaskan dari belenggu dosa.

No comments: