Monday, April 17, 2017

PEDULI

Senin, 17 April 2017

Bacaan Alkitab hari ini
Filipi 2:1-11

Bacaan Alkitab setahun
Yesaya 49-51; Yakobus 4

AYAT HAFALAN
Filipi 2:4 (BIS), Perhatikanlah kepentingan orang lain; jangan hanya kepentingan diri sendiri.

RENUNGAN INSPIRASI
Dokter Gila Berhati Mulia,” begitu julukan yang diberikan orang bagi dr. Lie Dharmawan. Dokter Lie, mendirikan Rumah Sakit Apung (RSA) Swasta pertama di Indonesia. Lie bersama timnya menggunakan kapal RSA mengobati masyarakat di pulau-pulau terpencil. Julukan sebagai “dokter gila” mulai disematkan kepadanya karena ia tidak mempedulikan nyawanya mengarungi lautan hanya dengan kapal kayu untuk menjang- kau orang-orang yang membutuhkan perawatan medis. Dalamsebuah wawancara, dr. Lie ditanya, “Mengapa Anda memutuskan untuk mendirikan rumah sakit apung?” Dokter Lie menjawab, “Betapa menyebalkan, jika di depannya ada mobil yang menyalakan lampu tanda berbelok, tapi nyatanya tidak berbelok. Hal itu sama halnya dengan mengatakan peduli tapi tidak pernah bertindak. Sikap peduli harus direalisasikan dalamtindakan nyata. Saya bicara seperti ini, karena Tuhan sudah lebih dahulu peduli dengan hidup saya dan keluarga,” demikian jawabnya.

Dalam kehidupan ini, bukankah kita semua tahu bahwa Tuhan ingin kita peduli dengan sesama kita? Tapi kenyataannya sebelum kita melakukan sesuatu hal yang baik kepada orang lain, kadangkala kita terlalu banyak melakukan pertimbangan dahulu: temankah dia, kenalan, dari suku yang sama, semarga, sebangsa, seiman, dan banyak lagi pertimbangan kepada siapa kita patut memberi kepedulian. Jika kita ingin hidup kita semakin serupa Kristus, seharusnya kita segera bertindak ketika melihat ada orang yang membutuhkan pertolongan dan kasih Kristus. Kepedulian bukan untuk didiskusikan, tapi untuk dipraktikkan, dan itu membutuhkan pengorbanan. Tuhan Yesus sendiri telah memberi teladan dalamhal kepedulian. Yesus mengesampingkan kepentingan-Nya sendiri dan peduli dengan manusia. Pertanyaannya, sudahkah Anda melakukan sesuatu sebagai bentuk kepedulian Anda pada orang lain?

REFLEKSI DIRI
1. Mengapa kita harus memiliki kepedulian kepada orang lain?
2. Hal apa saja yang menghambat Anda untuk melakukan tindakan kepedulian pada orang lain?

YANG HARUS DILAKUKAN
Lapangkan hati Anda, perluas lingkaran kepedulian Anda kepada lingkungan yang lebih luas.

POKOK DOA
Tuhan Yesus, berikanlah aku hati-Mu yang mau peduli dengan orang lain. Ampuni aku yang kadang menggunakan berbagai macam alasan untuk tidak peduli kepada orang lain. Mulai hari ini aku mau peduli kepada orang lain, karena Engkau telah lebih dahulu peduli kepadaku.

No comments: