Monday, April 10, 2017

SALIB-NYA MEMULIHKAN HUBUNGAN

Senin, 10 April 2017

Bacaan Alkitab hari ini
Efesus 2:1-21

Bacaan Alkitab setahun
Yesaya 28-30; Ibrani 11:1-19

AYAT HAFALAN
Efesus 2:16, dan untuk memperdamaikan keduanya, di dalam satu tubuh, dengan Allah oleh salib, dengan melenyapkan perseteruan pada salib itu.

RENUNGAN INSPIRASI
Penelitian Irwin Altman & Dalmas Taylor, pakar tentang hubungan, menyimpulkan bahwa rusaknya sebuah hubungan selalu diawali dengan gagalnya komunikasi. Gagalnya komunikasi dapat membuat kejujuran, keintiman, kenyamanan, dan keterbukaan, menjadi seakan-akan hilang lenyap. Jika kita ingin hubungan kita dengan manusia berjalan baik, maka kita perlu untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi kita. Tetapi bagaimana bila hubungan yang putus adalah antara kita dengan Sang Pencipta? Penyebab putusnya hubungan manusia dengan Allah bukanlah komunikasi, tetapi dosa. Dosa artinya tidak menepati sasaran yang telah ditetapkan Allah. Hubungan ini hanya dapat dipulihkan melalui pengorbanan Yesus di atas kayu salib. Kematian Kristus memulihkan hubungan orang yang percaya kepada-Nya dengan Allah dan membuat manusia terhindar dari murka Allah.

Mengapa pemulihan hubungan ini hanya dapat dipulihkan melalui pengorbanan-Nya di atas kayu salib? Hukuman atau kematian di atas kayu salib adalah kematian orang yang mengerikan, hina dan terkutuk. Melalui kematian Yesus, Anak Tunggal Allah, di atas kayu salib, Allah ingin menyadarkan kita betapa serius dan fatalnya kesalahan manusia. Dan melalui kematian Yesus di atas kayu salib, keajaiban dan mujizat terbesar pun terjadi. Kematian Yesus bukan saja menghapus segala dosa, tetapi juga memulihkan hubungan dengan Allah yang telah lama terputus (ay. 16). Lalu, bagaimana kita meresponi karya Yesus di atas kayu salib? Pertama, bangun hubungan yang intim dengan Allah. Kedua, taatlah pada kehendak dan segala perintah-Nya dalam hidup Anda. Jika saat ini Tuhan Yesus meminta Anda memperbaiki hubungan Anda dengan orang yang bersalah dengan Anda, maukah Anda juga melakukannya?

REFLEKSI DIRI
1. Apa respon kita saat Salib-Nya telah memulihkan hubungan Anda dengan Allah?
2. Mengapa putusnya hubungan kita dengan Allah harus diselesaikan dengan salib-Nya?

POKOK DOA
Tuhan Yesus, terima kasih buat karya salib-Mu di dalam hidupku. Aku mau belajar taat pada Firman-Mu dan aku berjanji untuk menyelesaikan semua masalah hubungan dengan sesamaku.

YANG HARUS DILAKUKAN
Terimalah anugerah keselamatan dari Kristus yang memulihkan hubungan Anda dengan Bapa di sorga.

No comments: