Sunday, April 16, 2017

SALIB TANDA KASIH ALLAH

Minggu, 16 April 2017

Bacaan Alkitab hari ini
Yohanes 3:1-2

Bacaan Alkitab setahun
Yesaya 46-48; Yakobus 3

AYAT HAFALAN
Yohanes 3:16, “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal”

RENUNGAN INSPIRASI
Rembrandt Harmenszoon Van Rijn, adalah seorang pelukis aliran barok (barraquee; tak beraturan) yang sangat berpengaruh dalam sejarah seni dunia Barat.  Suatu waktu Rembrandt membuat sebuah lukisan yang berjudul “The Raising of the Cross.“ Dalam lukisan ini, ia melukis dirinya sendiri sebagai salah satu orang yang menyalibkan Kristus. Ia melukiskan dirinya dengan mimik muka sedih, namun kedua tangannya terlihat bersemangat ikut memegang kayu salib. Melalui lukisan ini, ia sedang menyampaikan sebuah paradoks. Ia tidak suka melihat Kristus disalibkan, tapi karena dosanya membuat Kristus harus berada di atas kayu salib. Pesan ini sebenarnya ditujukan juga kepada kita. Kita yang berdosa seharusnya dihukum, tapi mengapa Yesus Kristus yang harus dihukum mati menebus segala dosa dan pelanggaran kita? Jika kita merenungkan hal ini, kita akan mengasihi Tuhan dengan segenap hidup kita.

Rasul Yohanes mengatakan, alasan mengapa Allah mau menebus dosa manusia adalah karena kasih- Nya yang begitu besar (ay. 16). Dan di dalam kasih-Nya yang tak terbatas itu, kita orang percaya menerima segalaberkat dari salib. Ps. Derrek Prince menjelaskan hal ini menggunakan hukum pertukaran, yaitu: “Yesus dihukum supaya kita diampuni. Yesus disakiti supaya kita disembuhkan. Yesus menanggung dosa supaya kita dibenarkan oleh-Nya. Yesus mengalami kemiskinan agar kita menikmati kelimpahan.” Betapa tinggi, dalam dan luas kasih Tuhan dan kita tidak akan mampu menyelaminya. Jika hari ini Anda membutuhkan kasih Tuhan untuk melawat kehidupan Anda, jangan ragu untuk datang kepada Tuhan dalam doa. Percayalah Allah tidak pernah berhenti mengasihi Anda. Dia mengasihi Anda dengan kasih yang kekal.

REFLEKSI DIRI
1. Setelah Anda menyadari kasih-Nya yang besar. Apa yang seharusnya Anda lakukan?
2. Berkat apa saja yang kita terima saat Kristus menebus dosa kita?

POKOK DOA
Tuhan Yesus, terima kasih untuk kasih-Mu yang begitu besar bagiku. Pimpinlah seluruh hidupku, Tuhan, agar aku terus menyenangkan hati-Mu ya Bapa.

YANG HARUS DILAKUKAN
Lakukanlah sesuatu bagi Tuhan dan sesama, bukan untuk diselamatkan, tetapi sebagai ungkapan syukur atas keselamatan yang telah Anda terima.

No comments: