Tuesday, April 11, 2017

SUTRADARA KEHIDUPAN

Selasa, 11 April 2017

Bacaan Alkitab hari ini
Kejadian 50:1-26

Bacaan Alkitab setahun
Yesaya 31-33; Ibrani 11:20-40

AYAT HAFALAN
Kejadian 50:20, Memang kamu telah mereka-rekakan yang jahat terhadap aku, tetapi Allah telah mereka-rekakannya untuk kebaikan, dengan maksud melakukan seperti yang terjadi sekarang ini, yakni memelihara hidup suatu bangsa yang besar.

RENUNGAN INSPIRASI
Beberapa waktu yang lalu Tuhan memberikan saya kesempatan untuk terlibat langsung dalam beberapa proyek film tanah air. Melalui kesempatan itu, saya bisa mengetahui bagaimana proses pembuatan sebuah film. Sebelum melakukan pengambilan adegan, para pengisi peran akan dijelaskan dahulu oleh sutradara tentang inti dan tujuan dari film tersebut. Kemudian baru masuk dalam proses   reading, yaitu membaca naskah bersama. Setelah itu baru dilakukan pengambilan adegan. Peran sang sutradara dalam keseluruhan proses sangat penting. Sutradaralah yang memutuskan apakah suatu adegan sudah sesuai. Jika ada pemeran yang hanya berakting semaunya sendiri tanpa mengikuti arahan sutradara, maka tujuan film tersebut bisa berubah alias gagal. Hikmat yang dapat kita tarik dari proses pembelajaran saya ini adalah tanpa mendengarkan arahan dan bimbingan sutradara, maka mustahil sebuah karya film yang baik bisa terwujud.

Dalam kehidupan, Tuhan adalah Sang Sutradara Agung. Dia mengatur segala yang ada dan setiap kita adalah pemeran utamanya. Salah satu contohnya adalah Yusuf. Sebagai pemeran utama, Yusuf menjalani proses kehidupan yang begitu luar biasa sebelum akhirnya menjadi Perdana Menteri di Mesir. Dibalik segala penderitaan yang dialami Yusuf, Tuhan menyimpan satu adegan terbaik di akhir cerita. Tuhan mengangkat Yusuf dan memulihkan hubungan keluarganya, serta memelihara kehidupan bangsa Israel (ay. 20). Lalu, bagaimana dengan skenario Tuhan dalam kehidupan kita? Setiap kita telah ditentukan untuk menjalani peran yang sesuai dengan kapasitas dan kemampuan kita (Bdg. 1 Kor. 10:13). Jika saat ini Anda merasa begitu berat menghadapi hidup ini, ingatlah bahwa Tuhan tidak pernah salah dalam mengukur kapasitas dan kemampuan Anda. Yang Anda perlu lakukan adalah tetap mengikuti arahan Sang Sutradara Agung melalui Firman- Nya. Percayalah semuanya pasti akan berujung indah dan berakhir dengan penuh sukacita.

REFLEKSI DIRI
1. Setelah Anda membaca renungan ini, maukah Anda terus mengikuti arahan Tuhan?
2. Hal apakah yang perlu Anda lakukan untuk dapat mengikuti arahan Tuhan?

POKOK DOA
Tuhan Yesus, aku perlu arahan-Mu dalamhidupku. Aku percaya, apapun yang aku alami saat ini, semuanya akan berakhir dengan indah. Aku rindu, Tuhan, untuk dapat terus menyenangkan hati-Mu.

YANG HARUS DILAKUKAN
Awali selalu hari Anda dengan membaca Firman Tuhan agar Anda mengerti apa yang diinginkan Sang Sutradara Agung dalam hidup Anda.

No comments: