Saturday, April 01, 2017

THE SIGN OF THE CROSS

Sabtu, 1 April 2017

Bacaan Alkitab hari ini
1 Korintus 1:18-31

Bacaan Alkitab setahun
Yesaya 1-3; Ibrani 3

AYAT HAFALAN
Kolose 1:20, dan oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya, baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus.

RENUNGAN INSPIRASI
Orang yang tidak percaya Kristus kadang merasa aneh melihat orang Kristen memilih salib sebagai lambang. Biasanya kalau orang memilih lambang, tentu mereka memilih yang gagah, hebat atau bertenaga kuat. Tapi mengapa orang percaya menggunakan salib sebagai lambang? Istilah kata salib (Yunani: σταυρa2;A533; Stauros) artinya dua balok kayu yang dibuat bersilang (menyalibkan). Salib dahulu digunakan oleh agama-agama kuno sebagai pusat penyembahan. Hingga kemudian salib dipergunakan oleh kerajaan Romawi sebagai alat untuk menyiksa orang yang dijatuhi hukuman mati. Salib mulai diidentikkan dengan kekristenan melalui penggenapan nubuatan kematian dan kebangkitan Yesus Kristus. Bagi orang percaya, tanda salib mengingatkan kita akan penebusan dan keselamatan dari hukuman dosa dan murka Allah, melalui pengorbanan Yesus.

Billy Graham pernah mengatakan, “Salib mengingatkan kita betapa seriusnya akibat dari dosa yang kita lakukan. Tapi juga sekaligus memperlihatkan kepada kita kasih-Nya yang tiada terukur.” Pertanyaannya adalah sudahkah Anda sungguh-sungguh mengalami kuasa salib Kristus dalamhidup Anda? Jika Anda ingin mengetahui dan mengalaminya, mari persiapkan hati untuk belajar melalui pengajaran NDC bulan ini: The Sign Of The Cross (Tanda dari sebuah Salib). Pengajaran yang akan membahas makna salib sebagai peringatan akan pengorbanan Kristus yang telah menyelamatkan, memulihkan, menyembuhkan, memperdamaikan dan memberikan kehidupan yang baru.

REFLEKSI DIRI
1. Mengapa Salib Kristus memiliki makna yang penting bagi orang percaya?
2. Dapatkah Anda menyebut dua makna penting dari Salib Kristus?

POKOK DOA
Tuhan Yesus, terima kasih buat salib-Mu yang telah menyelamatkan dan memulihkan hidupku. Aku bersyukur buat kasih-Mu dan percaya bahwa aku berharga di mata-Mu.

YANG HARUS DILAKUKAN
Ingatlah akan salib Kristus yang telah menyelamatkanmu, dimana pun kau berada dan kemana pun kau pergi.

No comments: