Tuesday, March 06, 2018

ATUR WAKTU DENGAN BAIK

Selasa, 06 Maret 2018

BACAAN ALKITAB HARI INI
Mazmur 90:1-17

BACAAN NDC BIBLE STUDY
Lukas 21

AYAT HAFALAN
Mazmur 90:12

RENUNGAN INSPIRASI
Bayangkan bila ada sebuah bank yang memberikan Anda uang setiap paginya dan uang tersebut dapat Anda gunakan sesuka hati Anda. Tetapi, pada malam harinya bank tersebut akan menarik kembali sisa uang yang tidak Anda gunakan. Apakah yang akan Anda lakukan dengan uang tersebut? Untuk apakah Anda membelanjakan uang tersebut? Sama seperti rekening uang, setiap kita memiliki rekening semacam itu, yaitu rekening waktu. Setiap pagi Tuhan menganugerahkan kepada kita 86.400 detik dan saat malam Ia akan membuang sisa waktu yang tidak Anda gunakan dengan baik. Anda tidak bisa menyimpan sisa waktu yang belum terpakai dan Tuhan tidak memberikan waktu tambahan. Jika Anda tidak menggunakannya dengan maksimal, maka Anda akan mengalami kerugian. Gunakanlah waktu yang ada sebaik-baiknya, sebab waktu yang telah berlalu tidak akan dapat diputar kembali.

Dalam mazmurnya, Musa menyadari realita bahwa tiap manusia memiliki batas waktu untuk hidup dan tidak ada yang tahu kapan waktunya berakhir. Musa berdoa meminta hikmat Allah untuk dapat mengatur waktu dengan bijaksana. Tidak sedikit orang percaya yang kurang bijaksana dalam mengatur waktunya. Waktu yang dihabiskan untuk mengejar uang, hingga keluarga tidak diperhatikan, hubungan dengan Tuhan ditinggalkan, kesehatannya pun dikorbankan. Sebagai orang percaya, kita harus sadar bahwa hidup ini singkat. Gunakanlah waktu yang telah dianugerahkan Allah itu dengan bijaksana. Buatlah perencanaan dan tentukan skala prioritas dalam hidup Anda. Saat Anda mampu mengatur waktu dengan baik, maka akan ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dan hidup Anda pun akan lebih maksimal. Jangan mengatakan tidak ada waktu, karena sesungguhnya Tuhan memberikan kepada setiap kita waktu yang sama. Kitalah yang harus belajar untuk mengatur waktu dengan baik, jangan sampai waktu yang mengatur hidup kita. (FD)

REFLEKSI DIRI
1. Apakah Anda pernah memiliki pengalaman gagal mengatur waktu Anda? Hal apa yang terjadi pada saat itu?
2. Apa saja yang perlu Anda lakukan untuk dapat mengatur waktu Anda dengan baik?

POKOK DOA
Tuhan, ajar aku untuk dapat menggunakan waktu dalam hidupku dengan bijaksana. Roh Kudus, berikan aku hikmat untuk mengelola waktuku dengan baik, agar aku dapat sungguh-sungguh memahami dan mencapai kehendak-Mu dalam hidupku. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN
Mulailah untuk mengatur waktu Anda, buat perencanaan, tentukan skala prioritas dan gunakanlah setiap waktu yang Anda miliki dengan maksimal. Belajarlah menghargai waktu.

HIKMAT HARI INI
Aturlah waktu Anda, sebelum waktu mengatur hidup Anda.

No comments: