Wednesday, March 28, 2018

INVISIBLE ENEMIES

Rabu, 28 Maret 2018

BACAAN ALKITAB HARI INI
Efesus 6:10-20

BACAAN NDC BIBLE STUDY
Yohanes 19

AYAT HAFALAN
Efesus 6:10-11

RENUNGAN INSPIRASI
Ada sebuah film rohani lama yang berjudul "Invisible Enemies". Film ini bercerita tentang seorang anak remaja yang tiba-tiba memiliki kemampuan yang unik, yaitu bisa dengan jelas melihat apa yang terjadi di alam roh. Ia bisa melihat bagaimana peperangan roh terjadi, atau setan yang selalu berkeliaran mengganggu dan memengaruhi manusia. Hal itu membuatnya sadar akan alam roh yang sungguh nyata, dan bahwa manusia memiliki musuh yang tidak terlihat oleh mata jasmani. Sekarang ia menyadari sepenuhnya bahwa peperangan rohani itu sungguh-sungguh sedang terjadi! Satu hal menarik yang bisa dijadikan pembelajaran adalah setelah anak remaja itu bisa melihat apa saja yang iblis lakukan, tiba-tiba saja cara hidupnya jadi berubah total.

Sadar atau tidak,  orang percaya memang berada di dalam peperangan rohani. Rasul Paulus sendiri menasihatkan kepada jemaat yang ada di Efesus, agar mereka mengenakan  seluruh  perlengkapan rohani untuk tetap kuat di dalam iman (Efesus 6:11-12). Manuver iblis saat ini tentu tidak seperti yang ada di film horror yang mungkin sering kita lihat. Iblis saat ini bekerja untuk membuat orang percaya jatuh dan berbuat dosa. Iblis menyerang pikiran dan perasaan kita, memancing kita untuk mulai berpikiran buruk, mudah menyerah, kecewa dan ujung-ujungnya menyeret Anda keluar dari rencana Tuhan yang besar bagi Anda. Ketika Anda merasa disakiti oleh orang lain, ingatlah bahwa iblis dapat mengambil kesempatan untuk membuat Anda membenci orang itu dan menjadikannya musuh Anda. Ketika Anda sedang mengalami masalah yang begitu berat dan Anda rasanya sudah ingin menyerah, iblis tidak akan segan-segan mengatakan bahwa Tuhan itu kejam dan tidak lagi mengasihi Anda, sehingga Anda akan mulai meragukan Dia. Saudara terkasih, lawanlah si iblis, musuh yang tidak kelihatan itu dengan iman yang teguh. Latih terus kepekaan rohani Anda, kenakan segenap perlengkapan senjata Allah dan lawanlah si iblis dalam setiap aspek kehidupan Anda. ( FD)

REFLEKSI DIRI
1. Apakah Anda masih sering salah sasaran saat Anda mengalami masalah? Bukan iblis, tetapi justru keadaan, orang lain, Tuhan, dan bahkan diri sendiri yang Anda perangi?
2. Cara hidup yang seperti apakah yang seharusnya dimiliki oleh orang yang sedang ada di tengah-tengah peperangan? Lakukanlah itu bagi diri Anda!

POKOK DOA
Tuhan, Engkau yang melatih tanganku untuk berperang. Jadilah Panglimaku. Ajarlah aku supaya aku bisa terus memiliki kemenangan dalam setiap perkara dan mengalahkan semua tipu muslihat iblis. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN
Berjaga-jagalah di dalam doa setiap hari. Lawanlah segala tipu muslihat iblis dengan iman dan kebenaran Firman Tuhan.

HIKMAT HARI INI
Berjaga-jagalah senantiasa, kenakan seluruh senjata Allah dan kalahkan iblis.

No comments: