Friday, March 09, 2018

KEEP MOVING FORWARD

Jumat, 09 Maret 2018

BACAAN ALKITAB HARI INI
Filipi 3:1-21

BACAAN NDC BIBLE STUDY
Lukas 24

AYAT HAFALAN
Filipi 3:13-14

RENUNGAN INSPIRASI
Siapa yang tidak mengenal Oprah Winfrey. Seorang pembawa acara talk show yang paling favorit di Amerika bahkan dunia. Namun dibalik kesuksesannya saat ini, ternyata dia sempat mengalami pengalaman yang pahit dalam kehidupannya. Dilahirkan dalam keluarga yang berantakan, membuat Oprah kecil harus dibesarkan oleh neneknya. Pada usia 14 tahun, Oprah hamil akibat pelecehan seksual yang dilakukan sepupunya. Situasi ini bertambah parah saat bayi yang dikandungnya meninggal dunia sesaat setelah dilahirkan. Pada umur 17 tahun, Oprah berjuang untuk lepas dari masa lalunya dan mulai meniti karir di bidang pertelevisian sebagai news anchor. Namun, sekali lagi dia harus menelan pil pahit, karena dia dipecat dengan alasan tidak cocok dengan acara tersebut. Oprah tidak menyerah, dia bangkit kembali dan melanjutkan perjuangannya sebagai wartawan di stasiun TV Nashville. Pada tahun 1986, usaha kerasnya membuahkan hasil. Oprah meluncurkan talkshow-nya sendiri, Oprah Winfrey Show. Acara ini begitu populer di seluruh Amerika Serikat, bahkan seluruh dunia. Oprah Winfrey Show disaksikan oleh lebih dari 48 juta pemirsa dan diputar ulang di 126 negara berbeda di dunia. Pencapaiannya saat ini tidak mungkin dapat diraihnya, jika dia tenggelam dalam kehidupan masa lalunya yang kelam.

Rasul Paulus adalah contoh orang yang mampu bangkit dari kesalahannya di masa lalu yang dicatat di dalam Alkitab. Paulus – sebelumnya bernama Saulus – sebelumnya dia adalah penganiaya orang Kristen, bahkan terlibat pembunuhan Stefanus (Kisah Para Rasul 8:1). Namun setelah Ia bertemu dengan Yesus dalam perjalanan menuju Damsyik, Ia memilih untuk bergerak maju dalam iman dan melupakan masa lalunya. Bila kita pernah mengalami kegagalan sebelumnya, bukan berarti kita terus gagal di kemudian hari. Bila kita pernah jatuh, bukan berarti kita tidak dapat bangkit dan memulai sesuatu yang baru. Kita harus belajar untuk berdamai dengan masa lalu, Let Go and Let GOD. Tinggalkan segala kegagalan dan kepahitan kita di masa lalu, dan izinkanlah Tuhan memulihkan kehidupan Anda, menjadikan Anda baru, untuk dapat meraih janji-janji Tuhan yang besar. (FD)

REFLEKSI DIRI
1. Adakah suatu hal yang selama ini menghambat Anda untuk maju meraih masa depan Anda? Hal apakah itu?
2. Apa yang harus Anda lakukan untuk mengatasi hambatan itu dan tetap bergerak maju? Maukah Anda berkomitmen untuk melakukannya?

POKOK DOA
Bapa di dalam sorga, hari ini aku mau melepaskan segala kekecewaan dan kegagalan yang aku alami di masa laluku. Ampuni aku, Tuhan, bila aku pernah terjatuh. Jamah hatiku agar aku dapat mengampuni orang-orang yang pernah menyakitiku. Dan pulihkan hidupku, Tuhan, agar aku dapat melangkah maju untuk meraih masa depan indah yang telah Engkau sediakan bagiku. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN
Bangkitlah dari keterpurukkan dan kegagalan Anda, percayalah Tuhan telah menyediakan sesuatu yang indah untuk masa depan Anda.

HIKMAT HARI INI
Lepaskan belenggu masa lalu dari diri Anda, jadilah arsitek bagi masa depan Anda. – Robin Sharma

No comments: