Sunday, March 04, 2018

REAL CONNECTION

Minggu, 04 Maret 2018

BACAAN ALKITAB HARI INI
Kolose 4:1-18

BACAAN NDC BIBLE STUDY
Lukas 19

AYAT HAFALAN
Kolose 4:6

RENUNGAN INSPIRASI

Pernahkah Anda melihat atau mengalami, saat berpapasan dengan orang lain baik di lift atau di jalan, kemudian orang tersebut langsung sibuk mengutak-atik gadgetnya? Padahal belum tentu ada hal yang penting di sana. Orang tersebut mungkin hanya enggan ter-connecting (terhubung) dengan lingkungan atau orang di sekitarnya. Generasi saat ini memang dikenal sebagai generasi yang terhubung secara virtual, tetapi tidak terhubung secara nyata (real). Ini dikarenakan gempuran sosial media, kemudahan berkomunikasi melalui aplikasi pesan instan serta kemudahan mendapatkan informasi, membuat perubahan perilaku seseorang, sehingga ia tidak peduli pada lingkungan yang ada di sekitarnya. Sebagai murid Yesus, kita harus selalu terbuka untuk berhubungan dengan orang lain di mana pun kita berada.

Rasul Paulus dalam pelayanannya kepada orang-orang bukan Yahudi, ia berusaha untuk selalu terhubung dengan mereka sehingga ada pintu untuk mengabarkan Injil (Kol. 4:3). Untuk dapat berhubungan dengan semua orang, ia memberi nasihat dalam Kolose 4:6, ”Hendaklah kata-katamu senantiasa penuh kasih, jangan hambar, sehingga kamu tahu, bagaimana kamu harus memberi jawab kepada setiap orang.” Perkataan kita bisa mendekatkan atau menjauhkan kita dengan orang lain. Kata-kata yang penuh kasih dan perhatian akan membuka suatu hubungan. Untuk menyatakan kasih Kristus, kita perlu benar-benar terhubung dan berusaha untuk menjadi pribadi yang terbuka dengan orang lain. Kita dapat melakukannya dengan belajar bersosialisasi kepada orang di sekitar kita. Misalnya, saat Anda pulang dari gereja, cobalah untuk membuka diri dengan orang lain. Sapaan, selamat pagi atau selamat malam, atau ucapan terima kasih dengan senyum kepada orang lain, akan memberi kesan kita adalah orang yang ramah dan penuh kasih seperti Kristus. Bahkan jika ada kesempatan, Anda bisa juga menceritakan kebaikan kasih Tuhan kepada mereka. Hari ini mari bangun hubungan dengan orang lain, karena kasih Kristus membutuhkan jembatan yang namanya hubungan.

REFLEKSI DIRI
1. Apakah Anda adalah pribadi yang menutup diri dengan orang lain? Apa sebabnya?
2. Mengapa penting bagi kita untuk dapat belajar terhubung dengan orang lain?

POKOK DOA
Bapa di sorga, ampuni aku yang kadang tidak peduli dengan orang yang ada di sekitarku. Seharusnya dalam keadaan tersebut aku bisa berbuat kasih kepada orang lain. Hari ini aku berdoa agar Engkau memberikan hati-Mu yang penuh dengan belas kasih kepada orang lain. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN
Sapalah dan berilah senyuman kepada orang lain. Biasakanlah untuk menjadi pribadi yang tidak tertutup.

HIKMAT HARI INI
Connect to one another. It is not an option, but a command.

No comments: