Thursday, March 29, 2018

TUHAN MAU MENOLONG ANDA

Kamis, 29 Maret 2018

BACAAN ALKITAB HARI INI
Markus 1:40-45

BACAAN NDC BIBLE STUDY
Yohanes 20

AYAT HAFALAN
Markus 1:41

RENUNGAN INSPIRASI
Pada zaman dahulu, dalam budaya Yahudi, orang yang menderita kusta dianggap mendapat kutukan dari Allah dan tidak dapat disembuhkan oleh manusia (lihat Bilangan 12:10-16). Penderita kusta sangatlah menderita, baik tubuh, jiwa dan rohnya sebab ia dikucilkan dan juga karena stigma sosial yang melekat pada dirinya. Begitu pula halnya dengan penderita kusta yang datang kepada Yesus. Penderita kusta ini sangat ingin disembuhkan, tetapi penolakan demi penolakan yang telah dialaminya membuat dirinya ragu apakah Yesus mau menyembuhkannya. Ketika Yesus melihatnya dan tergerak oleh belas kasihan, maka Yesus pun mengulurkan tangan-Nya dan berkata, “Aku mau, jadilah engkau tahir.” Terlebih dulu Yesus mengatakan, “Aku mau”, yang menyatakan penerimaan-Nya pada kondisi penderita kusta tersebut. Inilah mukjizat penyembuhan pertama, yaitu pemulihan rohani. Kemudian Yesus mengatakan, “jadilah engkau tahir” yang menyatakan pembebasan Yesus atas penyakit kusta yang diderita orang tersebut. Inilah mukjizat penyembuhan kedua, yaitu kesembuhan fisik.

Sama seperti orang dengan penyakit kusta itu, kita semua ingin dibebaskan dari keadaan buruk yang menimpa hidup kita. Penolakan yang kita dapatkan oleh karena keadaan kita: pernikahan yang gagal, keadaaan finansial yang kurang baik, sakit-penyakit yang belum sembuh, ataupun kegagalan studi; seringkali membuat kita tidak yakin apakah Tuhan mau menolong dan memberkati kita. Hari ini, Firman Tuhan sendiri mengatakan bahwa Tuhan mau. Yakinlah, bahwa Tuhan kita adalah Tuhan yang penuh dengan belas kasihan. Datanglah kepada-Nya. Mintalah, maka akan diberikan kepadamu. (GB)

REFLEKSI DIRI
1. Situasi apa yang membuat Anda mengalami penolakan?
2. Saat Anda datang pada Tuhan dan meminta pembebasan-Nya atas situasi Anda, mukjizat apa yang Tuhan lakukan bagi Anda?

POKOK DOA
Tuhan Yesus, terima kasih atas kasih-Mu yang tiada batasnya bagiku. Aku yakin, Engkau pasti membebaskanku, sebab tidak ada yang mustahil bagi-Mu. Aku menanti-nantikan pembebasan yang daripada-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus, aku berdoa. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN
Datanglah segera kepada Yesus dengan iman. Ia menerima Anda dan mau memulihkan hidup Anda.

HIKMAT HARI INI
Yakinlah, Tuhan bukan hanya MAMPU, tetapi Dia juga MAU menolong dan memberkati kita.

No comments: