Saturday, April 28, 2018

BEBAS DARI IRI HATI

Jumat, 27 April 2018

BACAAN ALKITAB HARI INI
Yakobus 3:13-18

BACAAN NDC BIBLE STUDY
Kisah Para Rasul 28

AYAT HAFALAN
Amsal 14:30

RENUNGAN INSPIRASI
Iri hati memang tidak mengenal waktu dan tidak memandang bulu. Selama kita masih fokus pada diri sendiri, maka iri hati bisa hadir setiap saat dalam hati kita. Pada satu waktu, seorang pengkhotbah dan pengajar kaliber internasional, F.B Meyer, pernah bercerita bagaimana ia pernah mengalami iri hati dalam pelayanan. Ia pernah mengadakan pertemuan di Northfield, Massachusetts, dan ada banyak orang yang datang untuk mendengarkan pesan-pesan dalam khotbahnya. Namun sayangnya, pada kesempatan lain pengkhotbah G. Campbell Morgan juga mengadakan pertemuan tak jauh dari tempat itu dan lebih banyak orang yang tertarik untuk datang mendengarkan eksposisi Alkitab yang dibawakannya. Mengetahui hal tersebut Meyer menjadi iri hati, tetapi ia menunjukkan bahwa ia berusaha menyapu bersih iri hati dengan berkata; “Satu-satunya jalan untuk menaklukkan perasaan iri hatiku adalah aku berdoa untuk Morgan setiap hari. Itulah yang aku lakukan.”

Sikap iri hati sebenarnya berangkat dari rasa ketidakpuasan diri saat membandingkan diri kita sendiri dengan keberadaan orang lain. Kondisi psikologis yang negatif seperti ini cukup berbahaya jika tidak segera ditangani. Hal ini bukan saja akan merusak relasi dengan orang lain, tetapi juga dapat merugikan orang lain bila tak bisa dikendalikan. Firman Allah sendiri berkata dampaknya dapat memberi kekacauan dan timbul segala macam perbuatan jahat (Yakobus 3:16). Apakah Anda sedang bergumul dalam area ini? Anda hanya bisa menyingkirkan perasaan tersebut dengan datang kepada Tuhan dan minta Dia memulihkan hati Anda. Dia akan memberikan kemenangan kepada Anda saat Iblis menabur benih kebenciaan dalam hati Anda (lihat Yakobus 4:7-8). Latihlah diri untuk senantiasa mengucap syukur dan berdoa bagi orang lain. Dengan melakukan hal ini, niscaya Anda akan bebas dari perasaan iri hati. (FD)

REFLEKSI DIRI
1. Apakah Anda pernah merasa iri hati pada keberadaan orang lain? Apa yang Anda lakukan saat itu?
2. Langkah apa saja yang dapat Anda lakukan saat perasaan iri hati mulai menyusup ke dalam hati Anda?

POKOK DOA
Tuhan, aku buka hatiku untuk menerima pemulihan dari perasaan iri hati. Ajar aku untuk senantiasa bersyukur dengan apa yang ada. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN
Datanglah kepada Tuhan dan mintalah Dia memulihkan hati Anda. Ucapkanlah syukur dan berdoalah bagi orang lain.

HIKMAT HARI INI
Jauh lebih menguntungkan hati yang diliputi syukur daripada menyimpan sampah iri hati.

No comments: