Monday, April 30, 2018

BELAJAR RENDAH HATI DARI YESUS

Senin, 30 April 2018

BACAAN ALKITAB HARI INI
Yohanes 13:1-20

BACAAN NDC BIBLE STUDY
Roma 3

AYAT HAFALAN
Yohanes 13:15

RENUNGAN INSPIRASI
Apa yang paling sulit kita lakukan dalam mengikut Yesus? Merendahkan diri. Apalagi jika sampai orang lain tidak lagi menghargai kita. Karena sejujurnya, kita semua membutuhkan pengakuan dan penghargaan. Oleh karena itu dalam teori psikologi dikatakan bahwa setiap orang butuh yang namanya aktualisasi diri. Aktualisasi diri berkaitan dengan harga diri! Apa jadinya jika aku tidak dihargai? Apa jadinya jika orang lain tidak mengakui keberadaanku?  Oleh sebab itu, tidak heran apabila banyak orang akan berjuang memperoleh pangakuan itu dengan berbagai cara seperti kekayaan, jabatan, pendidikan, prestasi, pengaruh atas orang lain, dan sebagainya.

Yesus memutarbalikkan konsep para murid (dan juga diri kita semua) tentang harga diri dan kebesaran. ALkitab mencatat, Yesus justru merendahkan hati-Nya dan mulai membasuh kaki para murid. Meski tidak pernah ada dalam tradisi manapun seorang guru membasuh kaki para murid, yang ada adalah murid yang membasuh kaki sang guru. Bagi Yesus, harga diri dan kebesaran seseorang lebih terkait erat pada kemampuannya bersikap rendah hati dihadapan Tuhan dan sesamanya (Bdg. Matius 20:28). Hari ini mari kita sama-sama belajar untuk rendah hati seperti Yesus. Sebab dengan cara demikian, kita pun dapat dimuliakan oleh Tuhan pada waktunya. Dan ketahuilah, rendah hati bukanlah sebuah kehinaan. Justru orang yang rendah hati adalah orang yang besar, karena ia mampu menekan egonya dan memilih untuk melayani orang lain. (FD)

REFLEKSI DIRI
1. Apakah Anda selama ini selalu gagal belajar untuk rendah hati? Apa alasannya?
2. Hal apa yang dapat kita pelajari tentang kerendahan hati Yesus dalam melayani?

POKOK DOA
Tuhan Yesus, ajarkan aku untuk dapat rendah hati seperti-Mu. Bukakan mata hatiku agar dapat melihat kemuliaan dari seorang hamba yang melayani. Dalam nama Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN
Belajarlah untuk senantiasa rendah hati seperti Yesus Kristus.

HIKMAT HARI INI
Setiap orang dapat menjadi hebat, karena setiap orang dapat melayani. Anda tidak harus memiliki gelar sarjana untuk melayani. Martin Luther King. Jr.

No comments: