Saturday, April 14, 2018

KECEMASAN DALAM MEMUTUSKAN

Jumat, 13 April 2018

BACAAN ALKITAB HARI INI
Mazmur 94:1-23

BACAAN NDC BIBLE STUDY
Kisah Para Rasul 14

AYAT HAFALAN
Mazmur 94:19

RENUNGAN INSPIRASI
Robinson Crusoe adalah judul novel yang pernah ditulis oleh Daniel Defoe. Novel ini pertama kali dipublikasikan 25 April 1719 (hampir 300 tahun yang lalu!). Novel ini diilhami oleh kisah nyata Alexander Selkirk, pria Skotlandia, yang terdampar dan hidup lebih dari 4 tahun di sebuah pulau tak berpenghuni, “Más a Tierra”, yang sekarang merupakan bagian dari negara Chili.  Salah satu hal yang menarik dari novel ini adalah kiat Robinson Crusoe dalam mengambil keputusan penting tanpa kecemasan. Robinson menuliskan atau mendiskripsikan masalahnya, lalu ia membuat dua kolom. Kolom yang satu bertajuk “alasan-alasan mengapa ia harus melakukan hal tertentu” dan kolom yang kedua berjudul “alasan-alasan mengapa ia tidak boleh melakukannya.” Sementara ia menulis alasan di kolom-kolom tersebut, ternyata tanpa disadari keputusan yang tepat selalu muncul dalam pikirannya.

Setiap hari kita diperhadapkan dengan pilihan-pilihan dan kita harus mengambil keputusan atas semua pilihan itu. Apakah hal itu terkait dengan hal yang penting atau tidak penting. Seperti pengambilan keputusan dalam hal finansial, karir, kesehatan, rumah tangga atau hal penting lainnya. Kita mungkin tertarik dengan cara Robinson Crusoe dalam mengatasi kecemasan, tentu kita dapat melakukan hal tersebut. Namun lebih dari pada itu, kita perlu datang kepada Tuhan yang adalah sumber kedamaian kita yang sejati. Dia akan menghibur dan senantiasa memberi jalan keluar saat kita cemas memikirkan masalah dalam hidup kita. (FD)

REFLEKSI DIRI
1. Apakah Anda pernah dicekam oleh perasaan cemas? Hal apa yang Anda lakukan untuk mengatasinya?
2. Apa nasihat Firman Tuhan untuk mengatasi kecemasan dalam hidup Anda?

POKOK DOA
Bapa di sorga, aku percaya hanya di dalam Engkaulah aku akan mendapatkan kedamaian dan hikmat untuk menyelesaikan setiap masalah dalam hidupku. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN
Datanglah kepada Tuhan, Sumber Kedamaian yang sejati. Mintalah hikmat dan petunjuk-Nya di saat rasa cemas begitu mencekam hidup Anda.

HIKMAT HARI INI
Persoalan yang nyata dalam kehidupan kita sesungguhnya tidak terlalu membuat kita khawatir bila dibandingkan dengan kekhawatiran yang ada di dalam imajinasi kita tentang masalah-masalah itu. – Epictetus

No comments: