Monday, April 09, 2018

TEGUHLAH DALAM PENGHARAPAN

Senin, 09 April 2018

BACAAN ALKITAB HARI INI
Ibrani 6:9-20

BACAAN NDC BIBLE STUDY
Kisah Para Rasul 10

AYAT HAFALAN
Ibrani 6:19-20

RENUNGAN INSPIRASI
Dalam bukunya “Making Hope Happen,” Dr. Shane J. Lopes mengungkapkan bahwa harapan memainkan peranan penting dalam kehidupan seseorang. Pertama, harapan dapat mengangkat kesejahteraan seseorang. Menurutnya, harapan memiliki korelasi yang kuat dengan kesejahteraan. Harapanlah yang menggerakkan seseorang untuk mengejar apa yang paling penting baginya, sehingga secara tidak langsung terjadi peningkatan setahap demi setahap pada kesejahteraan hidupnya. Kedua, harapan membuat kita menikmati kesehatan yang baik. Orang-orang yang memiliki harapan akan berusaha tetap berpikir positif dan mau mengubah cara hidup untuk lebih sehat. Ketiga, harapan dapat membuat hidup lebih panjang. Shane menjelaskan bahwa, orang-orang yang merasa tidak punya harapan, memiliki kemungkinan dua kali lebih besar untuk meninggal dunia dibandingkan mereka yang memiliki harapan akan masa depan mereka. Harapan akan membantu orang lebih bersemangat menjalani hidup meskipun kondisi kesehatannya dalam keadaan sakit parah.

Harapan adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan. Tanpa harapan tak seorang pun akan dapat bertahan menghadapi berbagai tekanan dan keadaan dalam dunia ini. Sebagai orang percaya, harapan kita ada di dalam Tuhan Yesus Kristus. Firman Tuhan berkata bahwa harapan dan iman yang telah kita taruh di dalam-Nya tidak sia-sia. Sebab di dalam Dia ada jaminan kepastian, di dalam Dia hidup kita akan mengalami keamanan dan perlindungan. Hari ini, apabila Anda diizinkan Tuhan mengalami situasi yang begitu berat, tantangan dalam pekerjaan, masa depan keluarga yang sedang berada di ujung tanduk, atau kesehatan Anda yang tidak baik; pandanglah kepada Yesus sumber harapan kita. Serahkan segala sesuatunya ke dalam kontrol dan pengaturan-Nya. Percayalah, Anda akan diberikan pengertian Ilahi dan kekuatan ekstra untuk melaluinya. Sudahkah Anda menaruh pengharapan Anda kepada Tuhan?  (FD)

REFLEKSI DIRI
1. Selama ini dimana dan kepada siapa saja Anda menaruh harapan Anda?
2. Apakah yang menjadi penghalang Anda untuk berharap sepenuhnya kepada Allah?

POKOK DOA
Tuhan, aku meletakkan pengharapanku di dalam-Mu. Engkaulah gunung batuku, perlindunganku dan keselamatanku. Aku percaya Engkau akan membuatku mengalami hal-hal yang besar di dalam hidupku. Di dalam nama Tuhan Yesus aku berdoa. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN
Kesulitan apapun yang Anda alami, tetap jadikan Tuhan sebagai sumber pengharapanmu.

HIKMAT HARI INI
Harapan di dalam Kristus adalah harapan yang pasti, dan berlimpah bak sungai yang mengalir. – William Cutts

No comments: