Saturday, April 14, 2018

TEMUKAN "TOMBOL SEMANGATMU"

Sabtu, 14 April 2018

BACAAN ALKITAB HARI INI
Roma 12:1-21

BACAAN NDC BIBLE STUDY
Kisah Para Rasul 15

AYAT HAFALAN
Roma 12:11

RENUNGAN INSPIRASI
Seorang ahli fisiologi hewan yang bernama Michael S. Davis pernah menyelidiki anjing Siberian Husky dan Alaskan Malamute yang dikenal sebagai anjing penarik kereta salju andal. Ia mendapati bahwa anjing-anjing ini seolah punya “tombol semangat” di tubuhnya yang akan segera mengubah metabolisme mereka saat sedang berlari. Anjing-anjing ini mampu berlari 14 jam tanpa henti menarik kereta salju. Dari penelitian tersebut disimpulkan bahwa kedua jenis anjing ini berlari karena menyukainya bukan karena diharuskan untuk itu. Anjing-anjing ini selalu ingin berlari lebih jauh, lebih jauh dan lebih jauh lagi. Mereka berlari dengan sangat ceria dan semangat, sehingga menjadikan mereka pelari salju terbaik.
Belajar dari kehidupan Rasul Paulus dalam melayani Tuhan. Paulus seperti memiliki “tombol semangat” yang membuatnya tidak bisa berhenti melayani Tuhan meski kerap menghadapi berbagai tantangan dan masalah. Paulus dengan senang hati mengorbankan segala-galanya untuk melayani Tuhan. Baginya pelayanan itu bukanlah sebuah beban, tetapi sebuah kehormatan karena bisa melayani Tuhan, Raja di atas segala raja. “Tombol semangat” Paulus terletak pada rasa cintanya kepada Tuhan dan kepada jiwa-jiwa yang belum mengenal Kristus. Jika saat ini Anda mulai tidak bergairah, merasa bosan dan tidak ingin lagi melayani Tuhan, saatnya Anda mengaktifkan  “tombol semangat” yang membuat Anda antusias untuk melayani-Nya. Ingatlah kembali bagaimana kasih Tuhan yang begitu besar kepada Anda. Dia rela mengorbankan diri-Nya di atas kayu salib demi Anda. Ingatlah juga kepada begitu banyak jiwa-jiwa yang belum mengenal Tuhan. Bisa jadi mereka adalah salah satu anggota keluarga Anda atau sahabat baik Anda.Renungkanlah kembali hal-hal ini, temukan dan aktifkan kembali gairah dan semangat Anda untuk melayani Tuhan. (FD)

REFLEKSI DIRI
1. Apakah saat ini Anda tengah mengalami kejenuhan dan tidak ada lagi gairah untuk melayani Tuhan? Mengapa hal itu bisa terjadi?
2. Bagaimanakah caranya agar Anda dapat terus memiliki antusiasme dan gairah dalam melayani Tuhan?

POKOK DOA
Bapa di sorga, ampuni aku yang mulai merasa jenuh dan seakan ingin berhenti untuk melayani Engkau. Roh Kudus kuatkanlah aku dan kobarkanlah kembali api cinta mula-mulaku kepada-Mu. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN
Temukanlah kembali alasan Anda untuk melayani Tuhan. Berdoalah kepada Tuhan, mintalah Dia untuk mengobarkan kembali api semangat dalam diri Anda untuk melayani-Nya.

HIKMAT HARI INI
Without the Spirit we can neither love God nor keep His commandments. – St. Augustine

No comments: