Wednesday, May 02, 2018

GPS ROHANI

Rabu, 02 Mei 2018

BACAAN ALKITAB HARI INI
Mazmur 119:97-105

BACAAN NDC BIBLE STUDY
Roma 5

AYAT HAFALAN
Mazmur 119:105

RENUNGAN INSPIRASI
Kita pasti mengenal GPS (Global Positioning System), sebuah sistem navigasi dengan memanfaatkan satelit. Saat ini ada banyak aplikasi yang dibangun untuk melakukan sistem navigasi dengan memanfaatkan GPS, seperti Waze atau Google Maps. Aplikasi ini sepertinya tak bisa dipisahkan dari aktivitas sehari-hari, khususnya bagi masyarakat modern di kota-kota besar. Kota Jakarta sendiri pada tahun 2017 dinobatkan sebagai pengguna aplikasi GPS kedua terbesar di Asia Tenggara, setelah Kuala Lumpur, dimana 2,5 juta penduduknya menggunakan aplikasi untuk navigasi. Sistem navigasi GPS yang canggih, bukan saja membantu penggunanya untuk mencapai tujuan, namun juga memberikan pilihan rute yang paling cepat dan memiliki sedikit hambatan. Pada saat pengguna telah menentukan rute yang diambil, maka aplikasi akan memandu pengendara untuk mengambil langkah berikutnya. Bila kita salah mengikuti panduan yang diberikan, maka sistem akan segera melakukan penghitungan ulang. Tujuan yang hendak dicapai tetap sama, tetapi rute yang diambil akan disesuaikan dengan posisi terbaru dimana pengguna berada.

Dalam hidup orang percaya, Firman Tuhan adalah panduan hidup yang jauh lebih hebat dari sistem navigasi tercanggih di dunia sekalipun. Firman Tuhan memberikan kita arahan kepada hidup yang penuh berkat. Firman Allah memberikan kepada kita nilai-nilai (values) kehidupan yang akan menolong kita memosisikan diri kita dimana pun kita berada. Ketika kita merasa bimbang dan kehilangan arah, Firman Tuhan akan memberikan petunjuk agar kita dapat melihat rencana Tuhan dengan jelas. Jika kita memiliki Buku Panduan yang sedemikian hebatnya, mengapa kita tidak membaca dan mengikuti petunjuknya setiap hari? Bangunlah kembali kecintaan Anda untuk membaca dan merenungkan Firman Tuhan. Ikutilah setiap perintah dan petunjuk-Nya dengan ketaatan yang penuh, dan lihatlah bagaimana Tuhan memberkati hidup Anda dengan hal-hal yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya. (EV)

REFLEKSI DIRI
1. Apakah selama ini Anda telah menjadikan Firman Tuhan sebagai GPS rohani dalam hidup Anda? Bagaimana Anda melakukan hal itu?
2. Apa yang akan Anda lakukan sebagai komitmen Anda menjadikan Firman Tuhan sebagai pemandu kehidupan Anda?

POKOK DOA
Bapa di sorga, terima kasih untuk Firman-Mu yang telah menuntun hidupku. Aku menyerahkan seluruh hidupku pada pimpinan Firman-Mu. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN
Baca dan renungkan Firman Tuhan setiap hari, ikutilah setiap petunjuk dan perintah-Nya, serta jadikanlah itu sebagai kebutuhan hidupmu.

HIKMAT HARI INI
You are not on a journey to God. You are on a journey with God - Steve Maraboli

No comments: